أسلوب اختيار اللّفظ في كتاب "الهمة طريق إلى القمة" لمحمد بن حسن بن عقيل موسى :دراسة لغوية - Gaya bahasa preferensi kata dalam Kitab Al Himmah Thariq Ila alQummah karya Muhammad Ibn Hasan Ibn Aqil Musa: kajian linguistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arofati, Ulinnuha Khoirunnisa (2024) أسلوب اختيار اللّفظ في كتاب "الهمة طريق إلى القمة" لمحمد بن حسن بن عقيل موسى :دراسة لغوية - Gaya bahasa preferensi kata dalam Kitab Al Himmah Thariq Ila alQummah karya Muhammad Ibn Hasan Ibn Aqil Musa: kajian linguistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulinnuha Khoirunnisa Arofati_03020120070 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ulinnuha Khoirunnisa Arofati_03020120070 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Peneliti melakukan penelitian pada kitab “Al-Himmah Thariq Ila al-Qummah” dimana merupakan kitab karya Muhammad Ibn Hasan Ibn Aqil Musa yang membahas kiat-kiat memiliki cita-cita yang tinggi dan tidak mudah menyerah untuk mencapai kesuksesan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks-teks dalam kitab ini yang mencakup gaya bahasa preferensi kata. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik domentasi dalam pengumpulan setiap datanya, dimana peneliti membaca secara keseluruhan isi teks kitab, mengumpulkan data-data yang termasuk gaya bahasa preferensi kata, dan menganalisisnya. Fokus pada penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui macam—macam bentuk gaya bahasa preferensi kata yang terdapat dalam kitab “Al-Himmah Thariq Ila al-Qummah” karya Muhammad Ibn Hasan Ibn Aqil Musa, dan (ii) untuk mengetahui hubungan diantara setiap kata dan makna yang terkandung dalam gaya bahasa preferensi kata dalam kitab “Al-Himmah Thariq Ila al-Qummah” karya Muhammad Ibn Hasan Ibn Aqil Musa. Hasil dalam penelitian ini ditemukan gaya bahasa preferensi kata yang meliputi at-taraduf, al-musytarak al-lafdzi, at-tadhad, al-mu’arrabah sebanyak 21 kata yang mencakup at-taraduf, 18 kata yang mencakup al-musytarak al-lafdzi, 22 kata yang mencakup at-tadhad, dan 10 kata yang mencakup al-mu’arrabah. Sementara itu hubungan diantara setiap kata dan makna yang terdapat dalam gaya bahasa preferensi kata kitab “Al-Himmah Thariq Ila al-Qummah” adalah hubungan semantik (al-alaqah ad-dalaliyah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arofati, Ulinnuha Khoirunnisaulinnuhaqahirofati@gmail.com03020120070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, HuseinUNSPECIFIED2003015601
Thesis advisorTaufiqurrohman, Taufiqurrohmantaufiqurrohman@uinsby.ac.id2118078902
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Keywords: Ilmu Uslub; ikhtiar lafdzi; Kitab Al Himmah Thariq Ila al Qummah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ulinnuha Khoirunnisa
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:53
Last Modified: 30 Jan 2024 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67381

Actions (login required)

View Item View Item