Relasi psikologi humanistik Abraham Maslow dengan Konsep Mahabbah Buya Kamba dalam mencapai Peak Experience

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taqiyyah, Fathimah Syaikhah (2023) Relasi psikologi humanistik Abraham Maslow dengan Konsep Mahabbah Buya Kamba dalam mencapai Peak Experience. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fathimah Syaikhah Taqiyyah_07020620027 OK.pdf

Download (937kB)
[img] Text
Fathimah Syaikhah Taqiyyah_07020620027 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji mengenai relasi dari psikologi humanistik Abraham Maslow yang dipadukan dengan konsep mahabbah dari Buya Kamba dalam mencapai peak experience melalui kedua konsep yang dibawakan. Alasan peneliti membawakan judul tersebut karena yang pertama Abraham Maslow dengan pemikirannya tentang psikologi humanistik dan pembahasan peak experience yang bagi sebagian mahasiswa dan masyarakat umum belum mengetahui hal tersebu. Kedua, konsep dari mahabbah ini dapat dimasukkan dalam gabungan terjadinya peak experience dari setiap individu. Penulisan skripsi ini menjelaskan masalah, pertama makna dari peak experience menurut kedua tokoh, persamaan juga perbedaan dari konsep yang dibawakan kedua tokoh. Kedua, cara meraih peak experience menurut konsep yang dibawakan oleh kedua tokoh. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metodologi deskriptif kualitatif komparatif dengan penelitian pustaka dan bertujuan untuk memperkuat argumentasi dari penulis dengan adanya literatur-literatur yang telah ada sebelumnya baik berbentuk buku, jurnal hingga skripsi yang telah diteliti sebelumnya. Hasil dari penelitian ini, penulis mendapatkan beberapa persamaan, perbedaan dalam meraih peak experience. Abraham maslow menjelaskan tentang apa saja kebutuhan yang harus terpenuhi terlebih dahulu oleh setiap individu hingga pada kebutuhan yang masuk dalam tingkatan lebih tinggi sampai bisa dianggap telah mencapai peak experience. Buya Kamba memberikan penjelasaan melalui karyanya yang mengambil pandangan dari salah satu tokoh sufi. Menjelaskan pula mengenai peak experience yang diraih dari mahabbah dan seperti apa cara meraihnya. dapat disimpulkan bahwasannya meraih peak experience bisa diraih melalui berbagai macam konsep bahkan dapat diraih dengan adanya kombinasi konsep.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taqiyyah, Fathimah Syaikhahfathimahtaqiyyah@gmail.com07020620027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJa'far, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Psikoterapi
Psikologi Sosial
Tasawuf
Spiritualisme
Keywords: Psikologi Humanistik; Mahabbah; Peak Experience
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fathimah Syaikhah Taqiyyah
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:10
Last Modified: 19 Jan 2024 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67399

Actions (login required)

View Item View Item