Makna pendapatan dalam perspektif ketua rukun warga (RW): studi pada Rukun Warga (RW) Kelurahan Petemon Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadia, Rara Rajuba (2023) Makna pendapatan dalam perspektif ketua rukun warga (RW): studi pada Rukun Warga (RW) Kelurahan Petemon Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rara Rajuba Nadia_G92219114 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rara Rajuba Nadia_G92219114 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Pendapatan dapat dipahami sebagai manfaat ekonomi dari hasil kerja keras yang telah dilakukan oleh perusahaan ataupun perorangan. Pendapatan tersebut merupakan hal yang penting bagi kemajuan perusahaan maupun perorangan. Akan tetapi, realitas di masyarakat tidak semua manusia mengartikan pendapatan sebagai keuntungan ekonomi karena setiap manusia dapat menghasilkan makna pendapatan yang berbeda dalam setiap konteks. Skripsi dengan judul “Makna Pendapatan dalam Perspektif Ketua Rukun Warga (RW) (Studi pada Rukun Warga (RW) Kelurahan Petemon Surabaya)” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahamibagaimana ketua RW di Kelurahan Petemon memaknai makna pendapatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah paradigma interpretif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua informan memiliki makna berbeda terhadap pendapatan. Bapak Tjiptono Kunto Hadi memaknai pendapatan sebagai pendukung kegiatan di warga karena yang dulunya selalu tombok dengan uang pribadinya sekarang ter back up dengan pendapatan tersebut. Bapak Muhammad Sudomo memaknai pendapatan sebagai rasa syukur atas perhatian dari Pemkot Surabaya kepada pemangku jabatan sosial dibandingkan dengan daerah- daerah lainnya hanya pekerja sosial di Kota Surabaya yang memperoleh pendapatan. Penelitian ini memberikan rekomendasi pada ketua RW di Kota Surabaya yang memperoleh honorarium dari Pemerintah Kota Surabaya diharapkan tetap menyadari bahwa jabatan sebagai ketua RW yang beliau emban merupakan pekerja sosial dan pelayan masyarakat sehingga nominal pendapatan tidak dapat dijadikan sebagai motivasi utama ketika menjalankan tugas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadia, Rara Rajubararanadia13@gmail.comG92219114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAristantia, Selvia Ekaselviaekaaristantia@gmail.com2030079304
Subjects: Administrasi
Akuntansi
Keywords: Pendapatan; Interpretif; Studi Kasus
Depositing User: Rara Rajuba
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:58
Last Modified: 22 Jan 2024 04:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67409

Actions (login required)

View Item View Item