Hubungan antara regulasi emosi dan self-disclosure dengan desiliensi remaja akhir yang mengalami perceraian orang tua (broken home) di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umar, Puput Angriani (2024) Hubungan antara regulasi emosi dan self-disclosure dengan desiliensi remaja akhir yang mengalami perceraian orang tua (broken home) di Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puput Angriani Umar_11040120129.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Puput Angriani Umar_11040120129 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan antara regulasi emosi dan self disclosure dengan resiliensi pada remaja akhir yang mengalami perceraian orang tua di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 369 dengan pendekatan non-probability sampling, khususnya menggunakan teknik Accidental Sampling. Kriteria sampelnya yakni, remaja akhir usia 18-21, mengalami perceraian orang tua minimal 3 tahun dan berdomisili di Jawa Timur. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama dalam penelitian ini diterima yang berarti regulasi emosi memiliki hubungan dengan resiliensi yakni sebesar 17,5%. Hipotesis kedua diterima dengan sumbangan efektif sebesar 12,2%, maka dapat dinyatakan apabila self disclosure berhubungan dengan resiliensi. Hipotesis terakhir juga diterima, yakni terdapat signifikansi positif antara regulasi emosi dan self disclosure dengan resiliensi sebesar 17,5%. Sedangkan, sisanya 70,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umar, Puput Angrianipuputumar999@gmail.com11040120129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@uinsa.ac.id2012067403
Subjects: Psikologi > Keluarga
Psikologi > Psikologi Anak
Psikologi Sosial
Keywords: Regulasi emosi; self-disclosure; desiliensi remaja akhir; perceraian orang tua
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Puput Angriani Umar
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:49
Last Modified: 17 Jan 2024 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67414

Actions (login required)

View Item View Item