Hubungan self efficacy dan moral reasoning dengan academic dishonesty pada siswa Madrasah Tsanawiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naylia, Tsania Salma Hawna (2024) Hubungan self efficacy dan moral reasoning dengan academic dishonesty pada siswa Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsania Salma Hawna Naylia_11040120141 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Tsania Salma Hawna Naylia_11040120141.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dan moral reasoning dengan academic dishonesty pada siswa Madrasah Tsanawiyah. Academic dishonesty adalah tindakan pelanggaran akademik yang dilakukan siswa selama pengerjaan tugas atau ujian baik menggunakan media offline atau elektronik. Subjek penelitian ini merupakan 291 siswa Madrasah Tsanawiyah Kediri yang diambil berdasarkan teknik stratified sampling dari total populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berbentuk kuesioner melalui google form dengan tiga instrumen yang digunakan yaitu skala academic dishonesty, skala self efficacy, dan skala moral reasoning. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan hipotesis pertama diterima yang memiliki arti bahwa self efficacy memiliki hubungan dengan academic dishonesty yakni sebesar 7,6%. Hipotesis kedua diterima dengan sumbangan efektif sebesar 10,3%, maka dapat dinyatakan apabila moral reasoning terdapat hubungan dengan academic dishonesty. Hipotesis terakhir juga diterima, maka self efficacy dan moral reasoning dapat dikatakan memiliki hubungan dengan academic dishonesty pada siswa Madrasah Tsanawiyah sebesar 17,9%. Sedangkan 82,1% sisanya memiliki hubungan dengan faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naylia, Tsania Salma Hawnatsaniasalmahn@gmail.com11040120141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuryani, Suryanisuryanifpk@uinsby.ac.id2012087701
Subjects: Bahasa Indonesia
Psikologi
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Self efficacy; moral reasoning; academic dishonesty
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Tsania Salma Hawna Naylia
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:23
Last Modified: 17 Jan 2024 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67415

Actions (login required)

View Item View Item