شخصية الأشخاص الرئيسية في رواية أطياف لأم حسان الحلو (دراسة سيكولوجية أدبية عند سيغموند فرويد)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noviana, Khoiru Syafa'atin (2024) شخصية الأشخاص الرئيسية في رواية أطياف لأم حسان الحلو (دراسة سيكولوجية أدبية عند سيغموند فرويد). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoiru Syafa'atin Noviana_03010120015 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Khoiru Syafa'atin Noviana_03010120015 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepribadian para tokoh utama dalam novel Athyaf karya Ummu Hassan Al-Halw menurut teori Sigmund Freud serta faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian para tokoh utama tersebut. Adapun para tokoh utama yang akan dianalisis adalah Athyaf, Ummu Athyaf, dan Syadi. Penelitian ini menggunakan teori Sigmund Freud yang membagi kepribadian manusia menjadi 3, yaitu Id, Ego, dan SuperEgo. Objek dalam penelitian ini adalah novel Athyaf karya Ummu Hassan Al-halw. Data yang digunakan adalah seluruh teks dalam novel yang mencakup kepribadian para tokoh utama menurut teori Sigmund Freud. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis yang telah peneliti lakukan, terdapat 6 data yang memuat kepribadian tokoh Athyaf yang lebih condong ke Superego, 8 data yang memuat kepribadian tokoh Syadi yang lebih condong ke Id, dan 11 data yang memuat kepribadian Ummu Athyaf yang lebih condong ke Id. Kemudian terdapat 4 faktor yang mempengaruhi kepribadian Athyaf yaitu faktor keluarga, Insiden kebakaran yang menimpa dirinya, kehadiran tokoh Suster Fatimah dan rasa cintanya kepada Syadi, 3 faktor yang mempengaruhi kepribadian Syadi yaitu rasa kagum terhadap kecantikan Athyaf, munculnya tokoh Suster Siham, serta faktor keluarga, dan 4 faktor yang mempengaruhi kepribadian Ummu Athyaf yaitu faktor sosial, insiden kebakaran yang menimpa Athyaf, kehadiran tokoh Suster Fatimah, dan Faktor Psikologis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noviana, Khoiru Syafa'atinkhoirusyafaatinnoviana@gmail.com03010120015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@uinsby.ac.id2022127601
Thesis advisorUbet, Abdullahubaid.auza@gmal.cm2007056602
Subjects: Psikologi
Sastra
Spiritualisme
Keywords: Kepribadian Tokoh; Novel Athyaf; Teori Sigmund Freud
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Khoiru Syafa'atin Noviana
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:24
Last Modified: 17 Jan 2024 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67417

Actions (login required)

View Item View Item