Transformasi Spiritual: studi fenomenologi pengalaman Sholat Tahajud Santri di Pondok Pesantren Putri Miftahul Mubtadiin ar-Ridlo Krempynang Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Layli Nurul (2024) Transformasi Spiritual: studi fenomenologi pengalaman Sholat Tahajud Santri di Pondok Pesantren Putri Miftahul Mubtadiin ar-Ridlo Krempynang Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Layli Nurul Islamiyah_07020620034 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Layli Nurul Islamiyah_07020620034 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis praktik sholat tahajud santri putri di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin dan dampaknya pada transformasi spiritual dengan metode kualitatif dengan jenis field research. Fenomena yang mendasari penelitian ini adalah meningkatnya minat dan partisipasi santri putri dalam melaksanakan sholat tahajud di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Ar-Ridlo. Hal ini menjadi relevan karena praktik sholat tahajud dianggap sebagai salah satu bentuk transformasi spiritual yang signifikan dalam kehidupan santri. Rumusan masalah penelitian terdiri dari dua pertanyaan utama, yaitu: (a) Bagaimana pengalaman santri putri dalam melaksanakan praktik sholat tahajud di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Ar-Ridlo Krempyang Kabupaten Nganjuk? (b) Bagaimana praktik sholat tahajud mempengaruhi transformasi spiritual santri putri?. Tujuan penelitian mencakup upaya untuk mengetahui secara mendalam pengalaman santri putri dalam menjalankan praktik sholat tahajud serta menganalisis dampak positif praktik tersebut terhadap transformasi spiritual mereka. Metode kualitatif dipilih untuk memberikan ruang eksplorasi yang lebih luas terhadap pengalaman dan pemahaman santri putri terkait sholat tahajud. Studi lapangan dilakukan untuk mengamati praktik sholat tahajud secara langsung di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Ar-Ridlo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman spiritual santri tercermin dalam perasaan kehadiran Tuhan, sementara transformasi spiritual termanifestasi dalam perubahan aspek-aspek spiritualitas, seperti kecerdasan spiritual dan ketenangan jiwa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, Layli Nurulnurullay568@gmail.com07020620034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, Hodrihodri.arievv@gmail.com2011117002
Subjects: Salat > Salat Sunat
Salat
Tasawuf
Spiritualisme
Keywords: Transformasi Spiritual; Pengalaman Sholat Tahajud; Santri; Pondok Pesantren; Kehadiran Tuhan; Kecerdasan Spiritual; Ketenangan Jiwa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Layli Nurul Islamiyah
Date Deposited: 17 Jan 2024 12:14
Last Modified: 17 Jan 2024 12:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67426

Actions (login required)

View Item View Item