Pengaruh kecenderungan adiksi smartphone terhadap perilaku phubbing dengan fear of missing out sebagai variabel mediator

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Caesariva, Rachelle (2024) Pengaruh kecenderungan adiksi smartphone terhadap perilaku phubbing dengan fear of missing out sebagai variabel mediator. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Rachelle Azzahra Caesariva_11040120131 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Rachelle Azzahra Caesariva_11040120131.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kecenderungan adiksi smartphone dan fear of missing out telah menimbulkan dampak negatif, salah satunya adalah perilaku phubbing (mengabaikan orang lain demi menggunakan smartphone). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecenderungan adiksi smartphone terhadap perilaku phubbing dengan fear of missing out sebagai mediator. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden aktif pengguna smartphone. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Terdapat tiga alat ukur yang digunakan yaitu, Generic Scale of Phubbing (GSP), Smartphone Addiction Scale (SAS) dan Fear of Missing Out Scale. Analisis data dilakukan menggunakan uji analisis jalur (path analysis) untuk menguji pengaruh kecenderungan adiksi smartphone terhadap phubbing yang juga di mediatori oleh FoMO. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara kecenderungan adiksi smartphone terhadap perilaku phubbing dengan FoMO memainkan peran sebagai mediator. Hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak adiksi smartphone terhadap perilaku sosial serta memberikan dasar untuk pengembangan intervensi atau kebijakan yang bertujuan untuk mengurangi perilaku phubbing di tengah masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Caesariva, Rachellerachelleazzahra41@gmail.com11040120131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnanylufianaharnany2017@gmail.com0027027604
Subjects: Internet
Psikologi Sosial
Keywords: Adiksi smartphone; perilaku phubbing; fear of missing out; variabel mediator
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Rachelle Caesariva
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:51
Last Modified: 18 Jan 2024 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67437

Actions (login required)

View Item View Item