Perubahan perilaku berbelanja di masyarakat pasca hadirnya minimarket di Desa Suciharjo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban: perspektif teori pilihan rasional James S. Coleman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah Ariyanti, Ulfah (2024) Perubahan perilaku berbelanja di masyarakat pasca hadirnya minimarket di Desa Suciharjo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban: perspektif teori pilihan rasional James S. Coleman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfah Ariyanti_10020320073 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Ulfah Ariyanti_10020320073.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perubahan-perubahan perilaku berbelanja di masyarakat pasca hadirnya minimarket, faktor internal dan eksternal penyebab terjadinya perubahan perilaku berbelanja di masyarakat pasca hadirnya minimarket, dan rasionalitas keputusan berbelanja masyarakat pasca hadirnya minimarket di desa suciharjo kecamatan parengan kabupaten tuban. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini ditentukan secara purposive, yakni masyarakat desa Suciharjo kecamatan Parengan kabupaten Tuban. Adapun data yang dihimpun berupa data kualitatif yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dihimpun dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek pencermatan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menemukan bahwa terjadinya perubahan-perubahan perilaku berbelanja di masyarakat pasca hadirnya minimarket seperti pergeseran preferensi tempat belanja, masyarakat menjadi lebih sering berbelanja, dan gaya hidup menjadi lebih modern. Namun, ada juga masyarakat yang tetap berbelanja di toko kelontong, karena kenyamanan dan sudah terbiasa, kepercayaan dan reputasi dari toko kelontong. Adapun faktor internal dan eksternal penyebab terjadinya perubahan perilaku berbelanja pasca hadirnya minimarket, faktor internalnya seperti kebutuhan dan preferensi pribadi, kualitas produk, pengetahuan dan informasi, pengalaman belanja sebelumnya. Faktor eksternalnya yaitu perubahan interaksi sosial, pengaruh dan rekomendasi dari keluarga atau teman, pengaruh media dan iklan. Individu dengan secara rasional mempertimbangkan manfaat dari setiap pilihan yang mereka tetapkan, seperti mendapatkan informasi terkait jenis produk, harga, dan promosi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah Ariyanti, Ulfahulfahariyanti1506@gmail.com10020320073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorProf. Dr. Isa Anshori, Drs., M.Si., Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Subjects: Masyarakat
Sosiologi
Keywords: Perubahan perilaku; masyarakat; minimarket
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ulfah Ariy Ulfah Ariyanti
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:15
Last Modified: 18 Jan 2024 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67452

Actions (login required)

View Item View Item