Pengaruh problematic internet use (PIU) dan loneliness terhadap psychological well-being pada remaja pengguna media sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prameswari, Diah Ayu (2024) Pengaruh problematic internet use (PIU) dan loneliness terhadap psychological well-being pada remaja pengguna media sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diah Ayu Prameswari_11020120050.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Diah Ayu Prameswari_11020120050_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kondisi psychological well-being yang rendah pada remaja menjadi sorotan yang serius karena berimplikasi pada permasalahan psikis dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari problematic internet use (PIU) dan loneliness terhadap psychological well-being pada remaja pengguna media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik analisis regresi linier berganda. Subjek penelitian ini berjumlah 400 remaja aktif pengguna media sosial di Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner online. Instrumen pengukuran yang digunakan sebanyak tiga buah yakni Psychological Well-Being Scale (PWBS), Generalized Problematic Internet Use Scale Version 2 (GPIUS-2), dan UCLA Loneliness Scale Version 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematic internet use dan loneliness masing-masing menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap terbentuknya psychological well-being. Demikian pula dengan problematic internet use dan loneliness yang secara bersama-sama berpengaruh terhadap psychological well-being. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pijakan fundamental bagi pengembangan intervensi yang lebih efektif guna menjaga kualitas psychological well-being di era digital yang semakin modern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prameswari, Diah AyuAyuuprw@gmail.com11020120050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnanylufianaharnany2017@gmail.com0027027604
Subjects: Psikologi
Psikologi Sosial
Remaja
Keywords: Psychological well-being; problematic internet use; loneliness
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Diah Ayu Prameswari
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:24
Last Modified: 05 Mar 2024 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67470

Actions (login required)

View Item View Item