Pengaruh media animasi 2d terhadap hasil belajar materi Asmaul Husna di kelas V-A MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuroniyah, Silvi Syarifatun (2024) Pengaruh media animasi 2d terhadap hasil belajar materi Asmaul Husna di kelas V-A MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvi Syarifatun Nuroniyah_06040720092.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Silvi Syarifatun Nuroniyah_06040720092_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (6MB)

Abstract

Materi Asmaul Husna merupakan salah satu materi yang sudah dijadikan suatu pembiasaan ibadah yaumiyah di MIN 2 Sidoarjo. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Akidah Akhlak menunjukkan bahwa dari 27 peserta didik 30% peserta didik mendapatkan hasil belajar di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hal ini disebabkan rendahnya implementasi media pembelajaran pada pembelajaran Akidah Akhlak. Berdasarkan hal tersebut, guru mencoba menerapkan media animasi 2D dalam pembelajaran Akidah Akhlak dan peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dengan penerapan media animasi 2D terhadap hasil belajar materi Asmaul Husna peserta didik kelas V-A MIN 2 Sidoarjo. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media animasi 2D terhadap hasil belajar materi Asmaul Husna di kelas V-A MIN 2 Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan jenis ex-post facto. Sampel dalam penelitian yakni sampel purposif. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan untuk menguji kualitas data penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik “Setuju” terkait penggunaan media animasi 2D pada pembelajaran materi Asmaul Husnadibuktikan dengan hasil rata-rata angket penggunaan media animasi 2D yakni 4,06. Media animasi 2D mampu mempengaruhi hasil belajar materi Asmaul Husna dengan menggunakan uji analisis regresi linier sederhana mendapatkan hasil yakni thitung senilai 7,628 bernilai lebih besar dari ttabel yang sebesar 1,703 dan diperkuat dengan P-Value sebesar 0,000 bernilai lebih kecil dari 0,05 yang artinya terdapat pengaruh media animasi 2D terhadap hasil belajar materi Asmaul Husna di Kelas V-A MIN 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuroniyah, Silvi Syarifatunsilvisyarifatunn.04@gmail.com06040720092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pengaruh media animasi 2D; hasil belajar materi Asmaul Husna
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Silvi Syarifatun Nuroniyah
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:52
Last Modified: 05 Feb 2024 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67479

Actions (login required)

View Item View Item