Implementasi pemasaran syariah mobil kas keliling dalam mendorong minat pelajar menabung pada Bank KB Bukopin Syariah Kantor Cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pujangga, Ardy (2023) Implementasi pemasaran syariah mobil kas keliling dalam mendorong minat pelajar menabung pada Bank KB Bukopin Syariah Kantor Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ardy Pujangga_08020420040 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ardy Pujangga_08020420040 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Bank KB Bukopin Syariah Kantor Cabang Surabaya mengimplementasikan pemasaran syariah melalui mobil kas keliling pada produk Tabungan SimPel iB. Pemasaran Syariah diimplementasikan dengan menerapkan prinsip dan karakteristik pemasaran syariah guna mendorong minat pelajar menabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran produk Tabungan SimPel iB, Minat pelajar menabung pada produk Tabungan SimPel iB, dan implementasi pemasaran syariah melalui mobil kas keliling dalam mendorong minat pelajar menabung pada produk Tabungan SimPel iB di Bank KB Bukopin Syariah Kantor Cabang Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pendekatan lapangan. Peneliti melakukan pendekatan lapangan secara langsung pada Bank KB Bukopin Syariah Kantor Cabang Surabaya. Penelitin ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Rangkaian kegiatan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu, pembuatan pertanyaan, wawancara kepada narasumber, dan mengumpulkan serta menganalisis data yang didapatkan. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukan pemasaran produk Tabungan SimPel iB menerapkan bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place, dan promotion. Tabungan SimPel iB dipromosikan melalui adversting, sales promotion, publicity, dan personal selling. Minat pelajar menabung pada produk Tabungan SimPel iB dipengaruhi oleh faktor internal seperti promosi, kualitas layanan, kualitas produk, dan lokasi. Sedangkan faktor eksternal yang memengaruhiadalah religiositas dan pengetahuan produk. Implementasi pemasaran syariah melalui mobil kas keliling dalam mendorong minat pelajar menabung pada produk Tabungan SimPel iB Bank KB Bukopin Syariah dilakukan dengan menerapkan prinsip dan karakteristik pemasaran syariah. Penelitian ini memberikan saran bagi Bank KB Bukopin Syariah agar meningkatkan promosi dan kerjasama dengan sekolah-sekolah dan memperluas operasional mobil kas keliling dengan menambah jadwal layanan untuk mendorong minat menabung pelajar pada produk Tabungan SimPel iB.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pujangga, Ardyardypujangga20@gmail.com08020420040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Minat Siswa
Pemasaran
Keywords: Pemasaran syariah; mobil kas keliling; minat menabung
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ardy Pujangga
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:07
Last Modified: 18 Jan 2024 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67484

Actions (login required)

View Item View Item