Budaya literasi siswa di SMA Antartika Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisy, Zulia Ika Rihadatul ' (2024) Budaya literasi siswa di SMA Antartika Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulia Ika Rihadatul ' Aisy_10040320104 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Zulia Ika Rihadatul ' Aisy_10040320104.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mengkaji lebih lanjut tentang Budaya Literasi Siswa di SMA Antartika Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan teknik snowball. Teknik ini merupakan teknik mengambil sampel yang awalnya dalam lingkup kecil, namun semakin lama semakin banyak dan jika informasi yang telah dianggap cukup maka penelitian akan dihentikan. Pengumpulan data sendiri peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori Pertukaran Sosial dari George Caspar Homans sebagai pisau analisisnya. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa keaktifan siswa SMA Antartika Sidoarjo dalam mengembangkan budaya literasi terlihat dari beberapa komponen literasi seperti literasi dini, literasi dasar, literasi perpustakaan, literasi media dan teknologi, literasi visual. Namun, di sisi lain masih terdapat beberapa siswa yang memang bisa dikatakan belum optimal dalam aktivitas berliterasi. Budaya literasi di SMA Antartika sendiri mewajibkan seluruh mata pelajaran untuk berliterasi selama 15 menit sebelum pelajaran berlangsung dan menerapkan bagi seluruh warga sekolah untuk mengisi waktu luang ke perpustakaan untuk berliterasi. Berbagai program literasi juga digalakkan seperti debat terbuka, lomba KTI, ekstrakulikuler BKT, duta literasi, membuat sarana prasarana literasi dan membuat majalah sekolah. Selain itu juga SMA Antartika tidak bisa terlepas dari sebuah reward. Adanya reward sendiri juga sebagai apresiasi sekaligus pendorong agar siswa bisa dapat terus mengembangkan tindakan tersebut kedepannya dan punishment menjadi bentuk agar perilaku kurang baik bisa berkurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisy, Zulia Ika Rihadatul 'aisyzulia@gmail.com10040320104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id2020017801
Subjects: Pendidikan
Sosiologi
Budaya
Keywords: Budaya literasi siswa; budaya literasi sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Zulia Ika Rihadatul ' Aisy
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:03
Last Modified: 18 Jan 2024 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67486

Actions (login required)

View Item View Item