Aplikasi Terapi Dzikir As Syifa untuk menumbuhkan semangat kesembuhan pada santri di Pondok Wong Bodho Dsn. Mboro, Ds. Sidowungu, Kec. Menganti, Kab. Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Irma (2024) Aplikasi Terapi Dzikir As Syifa untuk menumbuhkan semangat kesembuhan pada santri di Pondok Wong Bodho Dsn. Mboro, Ds. Sidowungu, Kec. Menganti, Kab. Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irma Rahmawati_B03219025 ok.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Irma Rahmawati_B03219025 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada proses dan hasil terapi dzikir as-syifa untuk menumbuhkan semangat kesembuhan bagi santri di Pondok Wong Bodho. Semangat kesembuhan adalah suatu keadaan individu yang sehat atau utuh secara fisik, mental, serta sosial dan bukan hanya suatu keadaan yang bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. Penanganan dalam masalah ini dapat dilakukan dengan aplikasi dzikir as-syifa agar konseli dapat menumbuhkan semangat kesembuahannya kembali. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah 3 orang konseli dengan permasalahan yang berbeda-beda yaitu pecandu narkoba, kleptomania, stres akibat tidak mendapatkan pekerjaan dan juga terapis. Data ini diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara, dan juga dokumentasi. Setelah data sudah terkumpul peneliti mulai melakukan analisis data untuk mengetahui proses dan hasil dari terapi dzikir as-syifa dalam menumbuhkan semangat kesembuhan pada santri. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa tidak semangat untuk sembuh yang dialami konseli sudah mengalami penurunan dan konseli sudah mulai memiliki semangat kembali dalam penyembuhannya melalui proses terapi dzikir as-syifa. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan dan perubahan yang terjadi pada kondisi konseli setela dilakukannya terapi dzikir as-syifa yang telah diberikan oleh terapis di Pondok Wong Bodho.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Irmairmarahmawati109@gmail.comB03219025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, Agusagus.santoso@uinsby.ac.id2025087001
Subjects: Bimbingan Konseling
Santri
Keywords: Santri; terapi dzikir; dzikir as syaifa; semangat sembuh
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Irma Rahmawati
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:15
Last Modified: 18 Jan 2024 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67494

Actions (login required)

View Item View Item