Broker politik dalam layanan publik perkotaan: studi komparatif kader Surabaya Hebat Kelurahan Bulak dan Kelurahan Kedung Cowek Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rini, Septia Dinda (2023) Broker politik dalam layanan publik perkotaan: studi komparatif kader Surabaya Hebat Kelurahan Bulak dan Kelurahan Kedung Cowek Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Septia Rini_I91219077 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dinda Septia Rini_I91219077 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Fokus topik penelitian ini tentang broker politik dalam layanan publik perkotaan. Lebih spesifiknya, penelitian ini menjawab rumusan masalah mengenai Bagaimana Peran Kader Surabaya Hebat dalam Memfasilitasi Layanan Publik Perkotaan di Kelurahan Bulak dan Kelurahan Kedung Cowek. Pentingnya dari menjawab rumusan masalah ini karena kebanyakan studi tentang broker politik lebih memfokuskan broker pada konteks politik elektoral. Yang mendasari peneliti mengambil dua wilayah Kelurahan Tersebut ingin mengkomparatifkan dalam hal karakter dan perekonomian masyarakatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif yakni mengetahui sejauh mana broker dalam layanan publik perkotaan dengan studi komparatif Kader Surabaya Hebat di Kelurahan Bulak dan Kelurahan Kedung Cowek. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentsi. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menerapkan dua teori yakni pertama, pendapat Ward Barenscot mengenai teori broker politik yang mengacu pada aktor-aktor sosial berperan sebagai pusat perantara mendapatkan informasi warga, mewujudkan hak-hak warga dalam mendapatkan ruang publik terutama dalam layanan publik, memberdayakan warga untuk meningkatkan kapasitas warga untuk berurusan dengan lembaga negara dan mendisiplinkan birokrat yang tidak tanggap. Kedua, teori mesin politik menurut Edward Aspinall berpendapat mengenai menjelaskan membentuk jaringan politik mulai dari tingkat nasional hingga rukun tetangga untuk dimanfaatkan politisi untuk melakukan politik uang sebagai cara menjalin hubungan dan mendapatkan dukungan dari masyarakat. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa dalam hasil yang didapatkan yang dikorelasikan dengan teori broker politik. Adanya hal tersebut sudah terbukti adanya keterlibatan Kader Surabaya Hebat sebagai broker, lebih tepatnya ada oknum-oknum bagian dari Kader Surabaya Hebat yang sebelumnya menjadi tim sukses dari dari salah satu politisi yang melakukan praktik broker di tengah perannya sebagai mediator dalam penyelenggaraan layanan publik yang ada khususnya pada warga wilayah Kelurahan Bulak pada tingkatan Rukun Warga dan Kelurahan Kedung pada tingkatan Rukun Warga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rini, Septia Dindadindaseptiarini751@gmail.comI91219077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Noormaman.piramida@yahoo.com2019108501
Subjects: Layanan
Politik > Politik Islam
Keywords: Patron dan Klien; mediasi politik; layanan publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Dinda Septia Rini
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:10
Last Modified: 18 Jan 2024 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67504

Actions (login required)

View Item View Item