Analisis kesiapan guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Erindha, Amilya Nurul (2024) Analisis kesiapan guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amilya Nurul Erindha_D97219062.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Amilya Nurul Erindha_D97219062_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah MIN 2 Kota Surabaya sudah mulai menerapkan Kurikulum Merdeka sejak tahun pelajaran 2022-2023. Padahal saat itu Kurikulum Merdeka tidak wajib diterapkan di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia. Sesuai perannya guru diangap sebagai ujung tombak penerapan sebuah kurikulum. Kesiapan dari guru kelas dinilai sangat berpengaruh. Oleh karena itu, peneliti terdorong untuk menggali data kesiapan guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Surabaya.Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Surabaya. 2) Untuk mengetahui faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Surabaya. 3) Untuk mengetahui kendala guru dalam melaksanakan pembelajaran Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, Kuesioner, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan triangulasi teknik serta sumber. Teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru kelas MIN 2 Kota Surabaya dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka telah menunjukkan kesiapan yang baik. Hal tersebut dibuktikan dari perolehan data hasil penelitian. Guru mampu menguasai penggunaan perangkat ajar, melaksanakan pembelajaran berbasis projek, menerapkan strategi pembelajaran yang efektif diterapkan pada Kurikulum Merdeka, melakukan asesmen, serta melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran. Namun untuk melakukan kolaborasi pembelajaran guru masih memerlukan peningkatan. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka yakni dari kesiapan guru, penerimaan siswa, serta mudah diterapkannya kurikulum dalam pembelajaran. sedangkan kendala yang dihadapi yakni projek yang terkadang membutuhkan banyak biaya, ketersediaan waktu dan sarana prasarana, serta guru harus bekerja lebih ekstra dalam melakukan diferensiasi pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Erindha, Amilya Nurulamilyaerindha21@gmail.comD97219062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahri--2022077302
Thesis advisorFarisia, Hernik--198308082023212033
Subjects: Pendidikan
Keywords: Kesiapan; pembelajaran; kurikulum merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amilya Erindha
Date Deposited: 19 Jan 2024 05:16
Last Modified: 05 Feb 2024 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67521

Actions (login required)

View Item View Item