Perkembangan makam Kiai Radiman di Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang tahun 1984-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Aisah Nur (2024) Perkembangan makam Kiai Radiman di Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang tahun 1984-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisah Nur Khasanah_ A92218086 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Aisah Nur Khasanah_ A92218086.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus terhadap sejarah asal-usul dan perkembangan makam Kiai Radiman. Dalam penelitian ini juga membahas tentang motivasi peziarah melakukan ziarah di makam Kiai Radiman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah dan perkembangan makam Kiai Radiman dan memaparkan motivasi peziarah yang berziarah ke makam Kiai Radiman. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan antropologis dan pendekatan historis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori continuity and change dan teori kontruksi sosial. Sedangkan metode yang digunakan yakni metode sejarah yang terdiri dari heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik data), interpretasi (penafsiran data), dan historiografi (penulisan sejarah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Makam Kiai Radiman berada di Desa Bantur, tepatnya di Jalan Kyai Radiman RT 11 RW 02, Dusun Krajan, Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa timur. Makam Kiai Radiman pada awal ditemukannya masih berbentuk kuburan biasa dengan sepasang batu nisan di arah utara dan selatan. 2) Makam Kiai Radiman terus mengalami perkembangan pembangunan setiap lima tahun sekali dari tahun ke tahun. Perkembangan pembangunan area makam bisa dilihat dengan adanya cungkup atau pelataran dalam, ruangan depan, mushola, tandon atau tempat air, dan pagar yang mengelilingi makam. 3) Motivasi para peziarah yang berziarah ke makam Kiai Radiman bermacam-macam seperti bertawassul, berwasilah, dan bertabarruk atau memohon berkah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Aisah Nuraisahsapta27@gmail.comA92218086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ahmad Nurnurfuad@uinsby.ac.id2011116401
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Subjects: Sejarah
Ziarah Kubur
Keywords: Makam; Kiai Radiman; perkembangan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Aisah Nur Khasanah
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:04
Last Modified: 19 Jan 2024 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67526

Actions (login required)

View Item View Item