Inovasi sosial masyarakat dalam melestarikan budaya Batik Tulis Tenun Gedog: studi Desa Wisata Kampung Batik Gedog Kerek Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Khusnul (2023) Inovasi sosial masyarakat dalam melestarikan budaya Batik Tulis Tenun Gedog: studi Desa Wisata Kampung Batik Gedog Kerek Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Khotimah_I93219088 ok.pdf

Download (20MB)
[img] Text
Khusnul Khotimah_I93219088 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2027.

Download (19MB)

Abstract

Penelitian membahas tentang inovasi sosial sebagai bentuk upaya pelestarian batik tulis tenun Gedog di desa wisata kampung batik gedog Tuban, yakni di desa Margorejo dan Desa Kedungrejo. Dengan menggunakan teori Evolusi August Comte yang diperkuat dengan Teori Modernisasi Alex Inkeles.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif analitik. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi sosial menghasilkan berbagai bentuk dalam melestarikan budaya batik tulis tenun Gedog Tuban yakni dilakukan melalui suatu aksi nyata yang meliputi tindakan secara langsung, tindakan secara tidak langsung dan pemberdayaan masyarakat pengrajin batik. Tindakan tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi yakni Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp Group, Zoom, Web. Tindakan secara langsung berupa pelatihan-pelatihan, event budaya. Pemberdayaan masyarakat pengrajin desa wisata kampung batik Gedog Tuban sarana pelestarian budaya yang berbentuk kegiatan workshop. Hal itu berpengaruh pada pola pikir masyarakat yang lebih modern serta diapresiasi oleh masyarakat luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Khusnulkhusnulkhtmh2411@gmail.comI93219088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamal_taufiq@yahoo.co.id-
Subjects: Masyarakat
Budaya
Keywords: Inovasi sosial; pelestarian; budaya; batik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Khusnul Kh Khusnul Khotimah
Date Deposited: 24 Jan 2024 05:48
Last Modified: 24 Jan 2024 05:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67531

Actions (login required)

View Item View Item