Peran budaya Sunan Kalijaga pada Kerajaan Demak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Putri Dwi (2024) Peran budaya Sunan Kalijaga pada Kerajaan Demak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Dwi Lestari_03020220063 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Putri Dwi Lestari_03020220063 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran Budaya Sunan Kalijaga Pada Kerajaan Demak. Dengan tiga rumusan masalah; (1) Biografi Sunan Kalijaga, (2) Peran Budaya Sunan Kalijaga pada Kerajaan Demak, (3) Peran Sunan Kalijaga dalam menyebarkann Islam di masa Kerajaan Demak. Penelitian iini menggunakanipendekatanihistoris dan antropologi sosial yang berfungsi iuntuk menaganalisis sosok Sunan Kalijaga pada masa Kerajaan Demak. Teori peran dari J. Biddle dan Edwin J. iThomas digunakaniuntuk menganalisis apa saja peran yang diambil Sunan Kalijaga pada masa Kerajaan Demak. Dalam pengumpulani data, penelitianiini menggunakani tahapan metode sejarahi dengan rangkaianisebagai berikut: Hauristik, Verifikasi, Interprestasi, dan Historiografi. Kesimpulan dalam penelitian ini: 1) Sunan Kalijagailahir sekitar tahun 1450-an, merupakan anak dari Bupati Tumenggungi Wilatikta. Julukan Kalijaga ia dapati setelah berkhalwat atau semedi di Kalijaga. Sunan Kalijaga mendapatkan gelar Wali setelah dirasa mempunyai cukup ilmu yang cukup untuk menyebarkan Islam. 2) Peran Sunan Kalijaga dalam Kerajaan Demak yakni konsep tata letak kota berupa alun-alun, masjid, dan keraton di pusat kota yang banyak diikuti oleh Kerajaan Islam setelahnya dan pengaruhnya bisa dilihat hingga kini. Pembuatan Soko Tatal tiang utama MasjidiAgung Demak. Penentuan iarah kiblat Masjid Agung Demak.3) Sunan Kalijaga menggunakan metode dakwah sosio-kultural, dengan memadukan antara budaya Jawa dengan nilai-nilaiiIslam sehingga Islam dapat diterima idengan mudah oleh masyarakati Jawa. Seperti wayang, tembang, slametan, dan grebeg.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Putri Dwipdwi86527@gmail.com03020220063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, M.ridwanabubakar59@gmail.com2017075901
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.id2028106301
Subjects: Akulturasi
Budaya - Agama
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Peran; Sunan Kalijaga; Kerajaan Demak
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Putri Dwi Lestari
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:48
Last Modified: 19 Jan 2024 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67567

Actions (login required)

View Item View Item