Pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi kreatif melalui sentra industri gerabah di Dusun Gampangsejati Desa Gampangsejati Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aqidah, Jazilia Hikmi Nur (2023) Pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi kreatif melalui sentra industri gerabah di Dusun Gampangsejati Desa Gampangsejati Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jazilia Hikmi Nur Aqidah_04010220008.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Jazilia Hikmi Nur Aqidah_04010220008_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemberdayaan masyarakat di Dusun Gampangsejati berbasis ekonomi kreatif melalui sentra industri gerabah untuk menciptakan kemandirian ekonomi. Penelitian ini berfokus pada pengrajin gerabah yang masih bertahan hingga saat ini. Produk unggulan sentra industri gerabah saat ini adalah cobek. Alasan peneliti memilih tema ini karena sentra industri gerabah merupakan aset dan kearifan lokal di Dusun Gampangsejati yang berpotensi untuk dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yakni pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dengan memanfaatkan aset yang dimiliki untuk menuju perubahan. Berdasar pada aset dan Impian untuk mengembangkan aset dan potensi yang ada yakni sentra industri gerabah. Perubahan yang terjadi setelah adanya pendampingan adalah adanya identitas produk, pengusaha gerabah memahami pentingnya legalitas usaha dan telah memiliki NIB, edukasi dan pelatihan pemasaran online, masyarakat telah menggunakan media sosial untuk perluasan pemasaran gerabah, dan terbentuknya kelompok usaha bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aqidah, Jazilia Hikmi Nur04010220008@student.uinsby.ac.id04010220008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFalasifah, Nihlatulnihlatul.falasifah@uinsby.ac.id2027079304
Subjects: Industri Kecil
Pemasaran
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; ekonomi kreatif; pengrajin; gerabah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Jazilia Hikmi Nur Aqidah
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:45
Last Modified: 05 Feb 2024 04:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67579

Actions (login required)

View Item View Item