Hubungan antara optimisme dan self efficacy dengan resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Rizky Melania (2024) Hubungan antara optimisme dan self efficacy dengan resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Melania Agustin_11020120084 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Rizky Melania Agustin_11020120084.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Optimisme dan Self Efficacy terhadap resiliensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 326 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya yang sedang mengerjakan skripsi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kriteria sampelnya yakni, mahasiswa aktif di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, sedang berada pada semester akhir, dan sedang mengerjakan skripsi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah bentuk kuesioner melalui Google Form dengan tiga instrument yang digunakan yaitu skala Resiliensi, skala Optimisme, dan skala Self Efficacy yang disebarkan melalui sosial media. Analisis data yang digunakan antara lain uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan hipotesis pertama diterima yang memiliki arti bahwa optimisme memiliki hubungan dengan resiliensi yakni sebesar 7,2% (sig. 0,000). Hipotesis kedua diterima dengan sumbangan efektif sebesar 36,3% (sig. 0,000) maka dapat dinyatakan apabila self efficacy terdapat hubungan dengan resiliensi. Hipotesis terakhir juga diterima, maka optimisme dan self efficacy dapat dikatakan memiliki hubungan dengan resiliensi pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya sebesar 43,5% (sig. 0,000). Sedangkan 56,5% sisanya memiliki hubungan dengan faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Rizky Melaniarizkymelania88@gmail.com11020120084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@uinsa.ac.id2012067403
Subjects: Psikologi
Remaja
Keywords: Optimisme; self efficacy; skripsi
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Rizky Melania Agustin
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:05
Last Modified: 23 Jan 2024 01:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67597

Actions (login required)

View Item View Item