Pandangan Dunia Fiersa Besari dalam novel Garis Waktu: sosiologi sastra Ian Watt

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Aldy (2023) Pandangan Dunia Fiersa Besari dalam novel Garis Waktu: sosiologi sastra Ian Watt. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aldy Firmansyah_A94219044 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aldy Firmansyah_A94219044 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian mengkaji sebuah novel Garis Waktu dengan melihat adanya peluang penelitian yang terjadi. Hal itu disebabkan novel ini merupakan terbitan tahun 2016 oleh penerbit Mediakita. Selain itu, posisi pengarang yang dikenal bukan hanya sebagai penulis, tetapi juga sebagai musisi menjadi salah satu keinginan peneliti untuk mengkaji pemikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) konteks sosial pengarang; (2) sastra sebagai cerminan masyarakat; (3) fungsi sosial sastra dalam novel Garis Waktu karya Fiersa Besari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, pengelompokkan data, pengumpulan data, analisis data dan kesimpulan. Dari hasil analisis data ditemukan 5 bentuk konteks sosial pengarang, 18 bentuk cerminan kehidupan sosial masyarakat, dan 19 bentuk fungsi sosial sastra. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan mendeskripsikan bahwa dalam novel Garis Waktu oleh Fiersa Besari mengandung aspek sosiologi sastra teori Ian Watt, yaitu: konteks sosial pengarang novel Garis Waktu oleh Fiersa Besari sebagai penulis dan melakukan pekerjaan yang lain. Fiersa Besari tidak pernah menganggap bahwa pekerjaannya adalah suatu profesi dikarenakan Fiersa Besari juga menggantungkan hidupnya pada dunia musik sebagai musisi. Gambaran masyarakat yang tercermin dalam novel, yaitu jatuh cinta, patah hati, kehidupan sosial sebagai anak muda, serta fungsi sosial sastra dalam bentuk nilai moral, seperti: kepercayaan diri, diskusi dan kasih sayang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Aldyaldyfirmansbcf06@gmail.comA94219044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id196307291998031001
Subjects: Sosiologi
Sastra
Keywords: Sosiologi sastra; garis waktu; Fiersa Besari
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Aldy Firmansyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:54
Last Modified: 22 Jan 2024 04:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67627

Actions (login required)

View Item View Item