Strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan usaha di Toko Pudak Sari Kelapa Gresik dalam perspektif syaria marketing

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ting, Syndi Gabriella (2023) Strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan usaha di Toko Pudak Sari Kelapa Gresik dalam perspektif syaria marketing. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syndi Gabriella Ting_G94219192 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Syndi Gabriella Ting_G94219192 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Persaingan di dunia perdagangan tidak bisa dihindari oleh setiap pengusaha. Salah satu usaha perdagangan yang banyak ditemui dan dilakukan adalah usaha di bidang kuliner. Banyaknya usaha di bidang kuliner dengan jenis yang sama, menyebabkan semakin ketatnya persaingan usaha. salah satu usaha yang bergerak di bidang kuliner adalah Toko Pudak Sari Kelapa Gresik. Dalam menghadapi persaingan usaha, maka perlu menerapkan suatu strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang baik dalam kegiatan pemasaran menjadi salah satu faktor bagi suatu bisnis bisa bertahan dalam persaingan usaha yang ketat.Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan usaha di Toko Pudak Sari Kelapa Gresik dan bagaimana strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan usaha di Toko Pudak Sari Kelapa Gresik dalam perspektif syaria marketing. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh tersebut diolah dengan cara reduksi data, penyajian data, baru kemudian ditarik penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Toko Pudak Sari Kelapa Gresik dalam menghadapi persaingan usaha sesuai dengan strategi bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process, dan, physical evidence). Strategi yang diterapkan mencerminkan karakteristik syaria marketing yang meliputi nilai etis, teitis, dan humanistis Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Toko Pudak Sari Kelapa Gresik agar bisa lebih aktif dalam melakukan promosi produk. Promosi bisa dilakukan melalui media sosial yang populer di kalangan masyarakat ataupun dengan mengikuti event tertentu agar produk lebih dikenal. Promosi juga bisa dilakukan dengan memberikan potongan harga bagi pelanggan atau harga khusus untuk pembelian dalam jumlah tertentu agar bisa lebih menarik minat konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ting, Syndi Gabriellasynditing@gmail.comG94219192
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim.febi@gmail.com2004087004
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Strategi pemasaran; persaingan usaha; syaria marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syndi Gabriella Ting
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:14
Last Modified: 22 Jan 2024 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67630

Actions (login required)

View Item View Item