Arsitektur dan Ragam Hias Nisan di situs komplek Makam Ki Ageng Bungkul Surabaya Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhila, Fitri Rahma (2024) Arsitektur dan Ragam Hias Nisan di situs komplek Makam Ki Ageng Bungkul Surabaya Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Rahma Fadhila_03020220038 OK.pdf

Download (998kB)
[img] Text
Fitri Rahma Fadhila_03020220038 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana Sejarah dan Kondisi Komplek Makam Ki Ageng Bungkul Surabaya? (2) Bagaimana Bentuk dan Ragam Hias Nisan Nisan Komplek Makam Ki Ageng Bungkul Surabaya? (3) Wujud Kebudayaan Islam dan Lokal pada Komplek Makam Ki Ageng Bungkul Surabaya? Penelitian ini menerapkan metode penelitian Arkeologi yang meliputi observasi, wawancara, deskripsi, analisis, dan pelaporan. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu adaptasi kultural. Teori yang diterapkan ialah teori penetration pasifique yang mana menurut Hasan Muarif Ambary teori ini berfokus untuk menganalisis bentuk bangunan dan ragam hias nisan situs makam Ki Ageng Bungkul Surabaya. Kesimpulan yang dapat diambil dalam skripsi ini ialah (1) Keberadaan komplek makam Ki Ageng Bungkul Surabaya terletak di Jl. Ki Ageng Bungkul. Taman Bungkul, Kecamatan Darmo, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. (2) Bentuk nisan pada komplek makam Ki Ageng Bungkul Surabaya memiliki tipe Demak-Troloyo dengan ragam hias yang terdapat pada batu nisannya. (3) Unsur kebudayaan lokal dengan Islam yang ada pada situs makam Ki Ageng Bungkul Surabaya mampu membentuk hubungan yang serasi antara kedua unsur tersebut, hal ini yang menampakkan bahwasanya islam datang secara damai yang sesuai dengan teori yang diterapkan dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhila, Fitri Rahmafitrirahma483@gmail.com03020220038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Thesis advisorKhairi, Akhmad Najibulnajib@uinsby.ac.id2015017801
Subjects: Arsitektur
Adab
Arkeologi
Keywords: Ragam hias; situs makam; komplek Makam Ki Ageng Bungkul Surabaya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fitri Rahma Fadhila
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:49
Last Modified: 22 Jan 2024 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67680

Actions (login required)

View Item View Item