Bentuk arsitektur dan pengaruh wisata religi di Makam K.H. Muhayyin Sono, Sidokerto, Buduran, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Siti Imro'atul (2024) Bentuk arsitektur dan pengaruh wisata religi di Makam K.H. Muhayyin Sono, Sidokerto, Buduran, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Imro'atul Latifah_03040220104 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Siti Imro'atul Latifah_03040220104.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) Bagaimana eksistensi Makam K.H. Muhayyin Sono, Sidokerto, Buduran, Sidoarjo? (2) Bagaimana bentuk arsitektur Makam K.H. Muhayyin Sono, Sidokerto, Buduran, Sidoarjo? (3) Bagaimana pengaruh wisata religi di K.H. Muhayyin Sono, Sidokerto, Buduran, Sidoarjo? Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan antropologis dan historis. Hal ini dilakukan untuk menganalisis hasil temuan di masa lampau, berupa bangunan atau benda yang merupakan objek rekontruksi adanya peradaban masa lalu dan perkembangannya. Sumber data yang diperoleh ialah melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Adapun teori yang digunakan ialah teori fungsionalisme struktural oleh Emile Durkheim. Dengan teori ini, peneliti akan mengetahui bahwa untuk menciptakan hubungan masyarakat yang kuat, dibutuhkan hubungan saling ketergantungan dalam hal sosial-ekonomi. Skripsi ini menyimpulkan bahwa (1) K.H. Muhayyin merupakan seorang ulama yang pernah mendirikan pondok pesantren di daerah sono yang diperkirakan berdiri sekitar awal tahun 1800 an. Saat ini, pondok pesantren tersebut sudah tidak ada. Meskipun demikian, kompleks pemakamannya menjadi kawasan wisata religi paling luas dan megah di Kabupaten Sidoarjo dan telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya peringkat kabupaten pada 4 Mei 2023. (2) Desain arsitektur Makam K.H. Muhayyin terdiri dari tata letak bangunan Makam K.H. Muhayyin (pelataran luar, pelataran tengah, pelataran dalam dan pelataran samping). Adapun bentuk desain arsitektur di Kompleks Makam K.H. Muhayyin terdiri dari Nisan, Jirat, Lantai, Pagar Makam, Gapura Utama, Pendopo, Gazebo, dan Masjid. (3) Pengaruh dari adanya wisata religi di Makam K.H. Muhayyin dalam segi ekonomi ialah meningkatnya pendapatan pedagang dan peluang usaha baru bagi pedagang yang ingin berjualan di sekitar kompleks Makam K.H. Muhayyin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Siti Imro'atullatifahsiti1842@gmail.com03040220104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantosa, Nyong Eka Teguh Imannyongeka@uinsby.ac.id2022127603
Thesis advisorJuma, Jumaeden.jou@gmail.com2012018804
Subjects: Arsitektur
Ziarah Kubur
Keywords: Makam; K.H. Muhayyin; bentuk arsitektur; wisata religi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Siti Imro'atul Latifah
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:49
Last Modified: 25 Jan 2024 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67706

Actions (login required)

View Item View Item