Karakterisasi morfologis dan molekuler bakteri pada rumput laut gracilaria sp yang terkena penyakit ice-ice

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badiyah, Lailatul (2024) Karakterisasi morfologis dan molekuler bakteri pada rumput laut gracilaria sp yang terkena penyakit ice-ice. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Badiyah_H71219025 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Lailatul Badiyah_H71219025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Gracilaria sp. ialah jenis alga merah yang banyak di jual di industri dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa daerah di Indonesia yang mengalami penurunan produksi rumput laut disebabkan penyakit ice-ice. Penyakit ice-ice ditandai dengan perubahan warna thalus menjadi putih transparan akibat dari serangan bakteri dan faktor lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik morfologis dan molekuler bakteri pada Gracilaria sp. Metode penelitian ini meliputi isolasi bakteri, pengamatan morfologi, isolasi DNA, uji kuantitatif dan kualitas DNA, Amplifikasi PCR dan Elektroforesis. Hasil penelitian ini terdapat 6 isolat bakteri yang akan dikarakterisasi secara morfologi dan molekuler. Karakteristik morfologi koloni berbentuk bulat, tidak beraturan , tepian rata dan bergelombang ,berwarna putih dan kuning. Untuk morfologi sel termasuk bakteri batang, batang pendek dan kokus dengan gram positif dan gram negatif. Karakteristik molekuler dengan gen 16S rRNA yaitu semua isolat memiliki ukuran lebih dari 1500 bp dengan pita tebal, tipis dan terdapat smear. Berdasarkan hasil dari penelitian ini kemungkinan bakteri yang terdapat pada Gracilaria sp. yang terkena penyakit ice-ice diantaranya. Bacillus, Arthrobacter. Klebsiella dan Alteromonas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badiyah, Lailatulbadlaila090@gmail.comH71219025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmalafirdhausi@gmail.com2025068501
Thesis advisorRachmawati, Yuanitayuanitarhartono@uinsby.ac.id2019088803
Subjects: Biologi
Morfologi
Keywords: Gracilaria sp; penyakit ice-ice; morfologis; molekuler
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Lailatul Badiyah
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:17
Last Modified: 24 Jan 2024 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67727

Actions (login required)

View Item View Item