Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar al-Qur'an hadist kelas IV MINU Waru 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifuddin, Mochamad Mas'ud Yunus (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar al-Qur'an hadist kelas IV MINU Waru 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Mas'ud Yunus_D77219045 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Mochamad Mas'ud Yunus_D77219045.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah siswa yang merasa jenuh, kurang memperhatikan dan kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Sehinghga hal tersebut membuat hasil belajar kognitifnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Al-Qur’an Hadits tipe learning together. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode penelitian yakni quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Penelitian dilaksanakan kepada siswa kelas I MINU Waru I Sidoarjo yang dimana menggunakan dua kelas dengan diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif (IV B) dan menggunakan pembelajaran konvensional (IV A). Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes yang berbentuk essay dan tes bacaan Iqlab. Sebelum diberikannya perlakuan, dilakukan tes awal (pretest) dan diberikan tes akhir (posttest) setelah dilakukan perlakuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 66,23 sedangkan kelas kontrol sebesar 68,71. dan untuk rata- rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 87,56, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 81,43. Sementara pada uji T-Test terdapat hasil belajar siswa mengalami pengaruh pada kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05 yang mana H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara variabel dependen dan variabel independen yang artinya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi Iqlab yang diperoleh melalui indikator kognitif siswa kelas 1V tersebut mempunyai pengaruh secara signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifuddin, Mochamad Mas'ud Yunusmasudyunus31@gmail.comD77219045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Model pembelajaran kooperatif; hasil belajar; al-Qur’an hadits dan Iqlab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mochamad Mas'ud Yunus Ariffudddin
Date Deposited: 24 Jan 2024 05:04
Last Modified: 24 Jan 2024 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67732

Actions (login required)

View Item View Item