Kepemimpinan partisipatif di Yayasan Baitul Maal Pembangkit Listrik Negara Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur Dan Bali 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Almustaqim, Fariz Ilham (2024) Kepemimpinan partisipatif di Yayasan Baitul Maal Pembangkit Listrik Negara Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur Dan Bali 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fariz Ilham Almustaqim_04020420027 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Fariz Ilham Almustaqim_04020420027 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu mengetahui bagaimana macam-macam gaya kepemimpinan. Kepemimpinan merupakan suatu kegiatan atau proses mengarahkan, membimbing dan mempengaruhi individu atau kelompok untuk mencapai tuuan yang telah di tetapkan. Dalam peran kepemimpinan, seorang individu akan membuat visi, membangun hubungan yag efektif antar anggota tim, serta mendukung perkembangan dan kinerja anggotanya. Adapun keterampilan yang penting bagi pemimpin seperti keterampilan komunikasi, kemampuan dalam mengatasi konflik dan kemampuan untuk membuat keputusan. Dalam berbagai macam gaya kepemimpinan, menurut pakar, gaya kepemimpinan partisipatif dirasa sebagai gaya kepemimpinan yang cukup baik untuk diterapkan di organisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dengan mengambil data 7 Informan anggota organisasi yang terkait. Seluruh informan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh peneliti melalui wawancara secara langsung menggunakan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan mereduksi seluruh data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Data disajikan dengan pengelompokan indikator terkait dengan teori dan dianalisis dengan mendalam dan mudah dipahami. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa kepemimpinan YBM PLN UIP JBTB 1 memiliki gaya partisipatif. Adapun kriteria yang mendukung gaya kepemimpinan ini adalah pemimpin dapat berkomunikasi dalam dua arah, pemimpin mampu mendengar dan menanggapi secara aktif setiap kesulitan yang dihadapi bawahannya, pemimpin mampu memotivasi bawahan untuk menggunakan keterampilan operasional, pemimpin secara transparan. melibatkan bawahannya dalam pengambilan keputusan, pemimpin dapat mendorong bawahan untuk berpartisipasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Almustaqim, Fariz Ilhamfarizalmustaqim604@gmail.com04020420027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaletehan, Aun Falestienaunff@yahoo.co.id2014058201
Subjects: Manajemen Dakwah
Organisasi Masyarakat
Kepemimpinan
Keywords: Gaya kepemimpinan; kepemimpinan partisipatif; Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fariz Ilham Almustaqim
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:43
Last Modified: 25 Jan 2024 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67748

Actions (login required)

View Item View Item