Peningkatan kemampuan membaca suku kata melalui media kartu suku kata di kelompok B RA Al Hidayah Plumbungan Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Layyin, Ananda Izza Nurul (2024) Peningkatan kemampuan membaca suku kata melalui media kartu suku kata di kelompok B RA Al Hidayah Plumbungan Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Izza Nurul Layyin_06020920015 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ananda Izza Nurul Layyin_06020920015 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan adanya keadaan pembelajaran di RA Al Hidayah yang berkaitan dengan keahlian anak untuk membaca suku kata termasuk dalam katergori rendah atau cukup. Dengan itu peneliti melakukan pengamatan di RA Al Hidayah dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelompok B di RA Al Hidayah Plumbungan Sukodono Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan karena kemampuan membaca suku kata pada kelompok B masih kurang, dengan hal tersebut dikarenakan media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar masih kurang lengkap. Oleh sebab itu peneliti menggunakan cara yang bisa meningkatkan kemampuan membaca suku kata peserta didik dengan menggunakan media kartu suku kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui media kartu suku kata dan melakukan penerapan media kartu suku kata dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. Model kemmis dan Taggart ini terdapat langkah-langkah penelitian tindakan kelas pada model spiral yang terdiri dari macam-macam siklus tindakan pembelajaran berdasarkan refleksi pada hasil penelitian tindakan-tindakan siklus sebelumnya. Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil prosentase pra siklus dalam kemampuan tes lisan membaca suku kata mencapai 35% dengan nilai 75. Pada siklus I mengalami peningkatan dalam tes lisan membaca suku kata mencapai 50% dengan nilai 78. Pada siklus II mengalami peningkatan yakni mencapai 90% dengan nilai 85. Bisa disimpulkan bahwasannya kemampuan membaca suku kata pada peserta didik kelompok B RA Al Hidayah Plumbungan dapat ditingkatkan menggunakan media-media permainan kartu suku kata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Layyin, Ananda Izza Nurulanandalayyin19@gmail.com06020920015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorMusthofa, Muhammad Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Anak
Keterampilan
Pendidikan Islam
Keywords: Kemampuan Membaca Suku Kata; Anak Usia Dini; Media Kartu Suku Kata
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ananda Izza Nurul Layyin
Date Deposited: 31 Jan 2024 12:50
Last Modified: 31 Jan 2024 12:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67776

Actions (login required)

View Item View Item