Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa perspektif fiqh siyasah: studi kasus di Desa Sendangharjo Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Silvia Nur (2024) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa perspektif fiqh siyasah: studi kasus di Desa Sendangharjo Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Nur Faizah_05040420087 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Silvia Nur Faizah_05040420087.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelaksanaan pengaturan tentang Desa belum sepenuhnya mampu memenuhi segala kebutuhan dan kepentingan masyarakat desa sehingga dalam pelaksanaan Pemerintahan Desa di Indonesia sering menghadapi berbagai masalah-masalah yang berkaitan Kesejahteraan masyarakat sehingga pemerintah desa mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Meskipun begitu, beberapa desa yang telah mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) masih belum sepenuhnya berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dengan signifikan. Skripsi ini merupakan jenis penelitian yuridis empiris atau penelitian lapangan, yang mana hasil penelitian didapat dari hasil observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi hukum dengan hasil data deskriptif analisis yang kemudian diolah dengan pola deduktif, yakni dengan memaparkan teori siya̅sah ma̅liyah yang bersifat umum kemudian ditarik ke dalam hal khusus mengenai peran Badan Usaha Milik Desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Desa Sendangharjo Kabupaten Lamongan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa BUMDes multi usaha mandiri dalam menjalankan perannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sendangharjo masih belum berkontribusi dan berjalan secara maksimal karena ada beberapa kendala seperti hingga saat ini BUMDes belum memiliki kantor sendiri dan juga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan BUMDes. Kemudian berdasarkan tinjauan fiqh siya̅sah ma̅liyah terhadap peran BUM Desa Sendangharjo telah sesuai dengan prinsip kemaslahatan yang bersifat sosial objektif (Al-Maslahah Al-Ammah) yaitu mementingkan kepentingan orang banyak dibandingkan kepentingan individu. Bersadarkan kesimpulan di atas maka pemerintah desa diharapkan bisa memberi perhatian lebih bagi pengembangan BUMDes melalui dukungan fasilitas sehingga BUMDes bisa melaksanakan perannya dengan maksimal. Sehingga dibutuhkan kerja sama antara perangkat desa, anggota BUMDes dan masyarakat untuk bekerja sama agar pelaksanaan BUMDes dapat berjalan dengan baik dan mengembangkan asset desa untuk dimaknfaatkan secara maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Silvia Nursilvianurfaizah18@gmail.com05040420087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTriwulan Tutik, Titiktt_titik@yahoo.com2029036801
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Badan Usaha Milik Desa (BUMDes); kesejahteraan masyarakat; fiqh siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Silvia Nur Faizah
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:19
Last Modified: 25 Jan 2024 06:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67793

Actions (login required)

View Item View Item