Relevansi religiusitas dengan resiliensi remaja di Yayasan Khusnul Yaqin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulthon, Muhammad (2023) Relevansi religiusitas dengan resiliensi remaja di Yayasan Khusnul Yaqin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Sulthon_E97218084 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2027.

Download (2MB)
[img] Text
M. Sulthon_E97218084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji mengenai bagaimana relevansi religiusitas dapat mempengaruhi resiliensi remaja di Yayasan Khusnul Yaqin. Setiap individu tidak lepas dari permasalahan yang di alami dan tekanan yang di hadapi. Tampaknya, tidak semua dapat menanggapi dengan bijak dan menyelesaikan permasalahannya dengan baik. Orang-orang yang mempunyai ketahanan emosional untuk menyesuaikan dan merespon secara positif atas badai yang menerjangnyanya inilah yang disebut Werner sebagai individu yang resilien. Untuk mempermudah terbentuknya dan peningkatkan resiliensi, peneliti memakai religiusitas sebagai faktor eksternal. Oleh karena itu, diperoleh rumusan masalah yang di angkat. 1) Bagaimana kegiatan di Yayasan Khusnul Yaqin bisa mempengaruhi resiliensi remaja? 2) Bagaimana relevansi relegiusitas dengan resiliensi remaja di Yayasan Khusnul Yaqin?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, ditemukan fakta bahwa di dalam semua kegiatan yang berada di Yayasan Khusnul Yaqin baik yang berupa religi maupun tidak, dapat mempengaruhi resiliensi remaja, keduanya mempunyai korelasi yang apabila salah satu diantara kegiatan tersebut tidak diemplementasikan berakibat penurunan resiliensi. Kedua, setiap remaja di Yayasan Khusnul Yaqin mempunyai latar belakang permasalahan yang berbeda-beda dan setiap remaja mempunyai religiusitas untuk membentuk dan meningkatkan resiliensi. Setiap religiusitas dari mereka tidak kesemuanya dapat mengisi dalam aspek resiliensi, perubahan signifikan yang terjadi ialah aspek regulasi emosi dan aspek kontrol impuls. Untuk menjaga stabilitas dan peningkatan resiliensi, mereka diharuskan untuk selalu mengimplementasikan religiusitas secara intensif setiap harinya untuk menghindari penurunan resiliensi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulthon, Muhammadmsulthon389@gmail.comE97218084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@gmail.com2013086001
Subjects: Psikoterapi
Tasawuf
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Religiusitas; resiliensi remaja
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Sulthon Muhammad Sulthon Masduqi
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:48
Last Modified: 21 Feb 2024 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67794

Actions (login required)

View Item View Item