Penerapan customer relationship management di Aqiqah Nurul Hayat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Ikasari Nur (2023) Penerapan customer relationship management di Aqiqah Nurul Hayat Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ikasari Nur Fauziah_B94218089.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Ikasari Nur Fauziah_B94218089_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat fokus penelitian yang hendak dikaji, yaitu customer relationship management. Penelitian ini dilakukan untuk memahami penerapan customer relationship management di Yayasan Aqiqah Nurul Hayat Surabaya dengan menganalisa proses penerapan customer relationship managemen dan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan customer relationship management serta hambatan ada dalam penerapan customer relationship management di Yayasan Aqiqah Nurul Hayat Surabaya.Dalam penelitian ini, peneliti menggali secara menyeluruh terkait tiga hal tersebut menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Yayasan Aqiqah Nurul Hayat Surabaya menggunakan beberapa tahapan dalam proses penerapan customer relationship management antara lain: identifikasi, diferensiasi, kustomisasi, berbagi informasi, keterlibatan pelanggan, kemitraan jangka panjang, pemecahan masalah bersama, teknologi berbasis CRM, dan otomatisasi pelayanan. Kemudian, faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan customer relationship management adalah sebagai berikut: manusia (people), proses (proces) dan teknologi (tecnhology). Selain itu, terdapat hambatan dalam penerapan customer relationship management seperti: Human eror dan ganguan jaringan internet. Penerapan customer relationship management di Yayasan Aqiqah Nurul Hayat Surabaya bertujuan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dengaan memberikan pelayanan baik dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan demikian pelanggan merasa puas sehingga terciptanya loyalitas pelanggan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, Ikasari Nurikasarinurfauziah@gmail.comB94218089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBramayudha, Airlanggabram@uinsby.ac.id2014127901
Subjects: Otomasi dalam Manajemen
Keywords: Customer relationship management; kepuasan dan loyalitas; aqiqah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ikasari Nur Fauziah
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:12
Last Modified: 02 Feb 2024 09:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67805

Actions (login required)

View Item View Item