Perancangan kawasan wisata tematik hutan bambu lumajang dengan pendekatan community based design (CBD)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Achmad Subky (2024) Perancangan kawasan wisata tematik hutan bambu lumajang dengan pendekatan community based design (CBD). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Subky Arifin_H93219034.pdf

Download (14MB)
[img] Text
Achmad Subky Arifin_H93219034_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2027.

Download (14MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia memiliki kebudayaan penggunaan bambu, bambu yang dapat digunakan untuk banyak keperluan, bambu dapat tumbuh seluruh daerah Indonesia. Bambu juga memiliki banyak manfaat bagi lingkungan baik untuk konservasi, untuk menyerap emisi karbon, dan salah satu material sustainable, tercatat Indonesia memilikki 25.000 ha hutan atau taman bambu dan beberapa hutan bambu dijadikan sebagai area wisata hutan bambu. Lumajang memiliki destinasi desa wisata salah satunya yakni desa Sumbermujur, banyak masyarakat yang mencari penghasilan dari aktivitas wisata, salah satu wisata yang terdapat di desa Sumbermujur adalah Hutan bambu. Hutan Bambu merupakan salah satu wisata tematik yang dikelolah oleh Pokdarwis Sabuk Semeru, wisata tersebut mengalami penurunan pengunjung pasca Covid – 19 dan pasca erupsi gunung Semeru, pemberdayaan masyarakat serta komunitas sangatlah penting dalam kebangkitan wisata tematik Hutan bambu. Hal inilah yang mendasari perancangan”Kawasan Wisata Tematik Hutan Bambu Lumajang “ sebagai wadah dalam perancangan wisata untuk membangkitan ekonomi dan pemanfaatan objek wisata dengan pendektan komunitas. Pendekatan yang sesuai dengan perancangan tersebut adalah Community Based Design dengan cara mencari apa yang mereka butuhkan, melihat kemampuan mereka, melakukan percobaan, dan evaluasi ulang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Achmad Subkyachmadsubkyarifin@gmail.comH93219034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com2024027903
Subjects: Arsitektur
Masyarakat
Keywords: Bambu; wisata tematik; komunitas; community based design (CBD)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Achmad Subky Arifin
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:11
Last Modified: 25 Jan 2024 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67813

Actions (login required)

View Item View Item