Analisis efektivitas program desa berdaya dalam mewujudkan sustainable development goals (SDGs)desa: studi pada Desa Bangah Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmawati, Yumnaa Giri (2023) Analisis efektivitas program desa berdaya dalam mewujudkan sustainable development goals (SDGs)desa: studi pada Desa Bangah Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yumnaa Giri Fatmawati_G91219102.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Yumnaa Giri Fatmawati_G91219102_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2027.

Download (5MB)

Abstract

Provinsi Jawa Timur sebagai suatu wilayah terbesar di Pulau Jawa yang wilayahnya mencapai 47.803,49 km2 bertindak cepat untuk menanggulangi dampak jatuhnya perekonomian akibat pandemi Covid-19 melalui Program Desa Berdaya. Program Desa Berdaya merupakan program yang ditunjukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mewujudkan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa, maka keberhasilan implementasi Program Desa Berdaya akan berkaitan terhadap pencapaian tujuan SDGs Desa. Salah satu desa di Provinsi Jawa Timur yang telah berhasil melaksanakan Program Desa Berdaya pada tahun 2021 adalah Desa Bangah Kabupaten Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan analisis efektivitas implementasi Program Desa Berdaya dan analisis peran Program Desa Berdaya efektif dalam mewujudkan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa di Desa Bangah Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendalaman analisis pada sebuah studi kasus. Analisis data akan mengacu pada teknik Miles dan Huberman (1992), analisis data kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan gambaran hasil. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya Desa Bangah selaku pelaksana Program Desa Berdaya telah melaksanakan program dengan hasil berhasil atau efektif, artinya output yang dihasilkan sesuai dengan tujuan dan perencanaan program. Implementasi Program Desa Berdaya di Desa Bangah mewujudkan 9 tujuan SDGs Desa, keberhasilan pelaksanaan program mendorong tercapainya tujuan SDGs Desa karena pada dasarnya konsep Program Desa Berdaya telah memuat keseluruhan langkah dalam mewujudkan seluruh indikator SDGs Desa. Peran Program Desa Berdaya efektif dalam mewujudkan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa di Desa Bangah, penelitian ini menghasilkan temuan bahwasannya dalam mewujudkan tujuan SDGs Desa poin utamanya terdapat pada inovasi dan kreatifitas desa dalam mengelolah konsep implementasi program pada tujuan untuk mewujudkan SDGs Desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmawati, Yumnaa Giriyumnafatma13@gmail.comG91219102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi
Pembangunan > Pembangunan Desa
Keywords: Program desa berdaya; sustainable development goals (SDGs) desa; pembangunan desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: yumnaa fatmawati
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:42
Last Modified: 05 Feb 2024 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67815

Actions (login required)

View Item View Item