تحليل الأخطاء النطقية في أداء المفصل الصوتي لدى الطلاب بشعبة اللغة العربية وأدبها بجامعة سونن أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pitaloka, Khofifah Dyah (2024) تحليل الأخطاء النطقية في أداء المفصل الصوتي لدى الطلاب بشعبة اللغة العربية وأدبها بجامعة سونن أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khofifah Dyah Pitaloka_A71219054 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Khofifah Dyah Pitaloka_A71219054 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Dalam mempelajari bahasa kemungkinan besar akan melakukan kesalahan bahasa, salah satunya kesalahan pelafalan dalam penampakan jeda. Jeda merupakan salah satu kajian fonologi yang diterapkan saat membaca teks atau berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk kesalahan penyebutan dalam penampakan jeda dan penyebabnya, hal ini dilakukan karena kebanyakan mahasiswa melalaikan jeda saat membaca teks berbahasa Arab dengan harapan agar bermanfaat dari segi teoritis maupun penerapan. Objek yang digunakan adalah kalam hikmah yang akan dibaca oleh mahasiswa semester 5.Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan cara pengumpulan data menggunakan teknik simak dengan bantuan alat rekam suara dan teknik cakap yang sejajar dengan teknik wawancara. Langkah selanjutnya adalah analisis data dimulai dari reduksi data dengan merekap serta menggolongkan kesalahan kemudian data tersebut disajikan secara terperinci dan menarik kesimpulan serta verifikasi dengan mengecek data dan analisis. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa kesalahan penyebutan dalam penampakan jeda kebanyakan terjadi penjedaan perkata, menjeda dengan tiba-tiba, dan menjeda di sembarang tempat, hal ini disebabkan karena kurang memperhatikan dan menerapkan jeda, kurang latihan membaca teks dan kurangnya penguasaan dalam kosakata dan sistem kalimat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pitaloka, Khofifah Dyahkh.dypitaloka@gmail.comA71219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJauhar, Nassarudin Idrisnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Thesis advisorRahman, Abdurvi_man84@yahoo.co.id2001068001
Subjects: Administrasi
Keywords: Analisis Kesalahan; Jeda
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Khofifah Dyah Pitaloka
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:13
Last Modified: 26 Jan 2024 06:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67817

Actions (login required)

View Item View Item