Pengaruh teknik reinforcement positif Islami terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa aktivis UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luthfi, Muhammad Hamdan (2023) Pengaruh teknik reinforcement positif Islami terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa aktivis UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hamdan Luthfi_04010320005 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Hamdan Luthfi_04010320005 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh teknik reinforcement positif islami terhadap penurunan perilaku prokrastinasi mahasiswa aktivis UIN Sunan Ampel Surabaya. Fenomena prokrastinasi cukup banyak di alami oleh mahasiswa aktivis berdasarkan beberapa hasil penelitian para ahli terdahulu, sehingga kasus ini perlu ditemukan salah satu solusi yang dapat mengatasinya. Penelitian ini menggunakan teknik reinforcement positif islamu sebagai salah satu solusi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one grup pre-test post-test. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat atau instrument penelitian untuk menilai tingkat prokrastinasi mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 50 mahasiswa yang di ambil dari 5 fakultas di kampus 1 yang memiliki kategori prokrastinasi sedang sampai tinggi. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah nilai signifikansinya 0,000 yang mana < 0,05 sehingga dapat diketahui bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan kata lain, berarti pada penelitian ini teknik reinforcement positif islami berpengaruh Terhadap Penurunan perilaku prokrastinasi mahasiswa aktivis UIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luthfi, Muhammad Hamdanmuhammadhamdanluthfi@gmail.com04010320005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abd.UNSPECIFIED196009011990031002
Subjects: Bimbingan Konseling
Bimbingan
Keywords: Teknik reinforcement positif Islami; prokrastinasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Hamdan Luthfi
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:29
Last Modified: 25 Jan 2024 08:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67840

Actions (login required)

View Item View Item