Kolaborasi antar lembaga dan melindungi korban kekerasan: representasi subtantif anggota legislatif perempuan di DPRD Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ultima, Putriku Giovanni Ayu Nariswari Ratna Dewati (2023) Kolaborasi antar lembaga dan melindungi korban kekerasan: representasi subtantif anggota legislatif perempuan di DPRD Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putriku Giovannni Ayu Nariswari Ratna Dewati Ultima_ I01219025 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Putriku Giovannni Ayu Nariswari Ratna Dewati Ultima_ I01219025 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah kajian mengenai representasi subtantif anggota legislative perempuan di DPRD Provinsi Jawa Timur. Fokus penelitian ini sebagaimana dalam rumusan masalah yakni bagaimana peran anggota perempuan DPRD Provinsi Jawa Timur dalam kebijakan perlindungan perempuan korban kekerasan dan bagaimana bentuk representasi subtantif anggota legislatif perempuan dalam kebijakan mengenai perlindungan perempuan korban kekerasan. Alasan mengapa memilih fokus penelitian tersebut adalah kasus kekerasan perempuan di Jawa Timur masih tinggi sedangkan hasil pemilu legislatif tahun 2019 perempuan yang menjadi anggota legislatif hanya 18,4% atau 22 orang saja. Penelitian ini bertujuan menganalisis perlu adanya representasi subtantif anggota legislatif perempuan dalam kebijakan mengenai perlindungan perempuan korban kekerasan. Dan memahami mengenai peran anggota perempuan DPRD Provinsi Jawa Timur sebagai bentuk representasi subtantif dalam kebijakan perlindungan perempuan korban kekerasan. Penelitian kulaitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan adalah teori Representasi Subtantif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran anggota legislatif perempuan di parlemen sudah menggambarkan subtantif khususnya dalam hal mendorong regulasi kebijakan perlindungan perempuan korban kekerasan. Advokasi lainnya yang dilakukan adalah mendesak dinas terkait untuk melakukan perlindungan perempuan korban kekerasan secara optimal dan juga memastikan pelayanan untuk perempuan korban kekerasan secara terkomodir dengan baik. Pendapat Hanna F Pitkin mengenai keterwakilan perempuan di parlemen memiliki dampak yang signifikan terhadap kebijakan yang dihasilkan. Jadi dengan adanya perempuan di lembaga legislatif, diharapkan kebijakan yang dihasilkan lebih responsif terhadap isu-isu gender, memperjuangkan kepentingan perempuan secara substansial, meningkatkan representasi perempuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ultima, Putriku Giovanni Ayu Nariswari Ratna Dewatifirlyhusen09@gmail.comI01219025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Noornoor.rohman@gmail.ac.id2019108501
Subjects: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
Emansipasi wanita
Keywords: DPRD Provinsi Jawa Timur; Anggota Legislatif Perempuan; Kekerasan; Peraturan Daerah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Putriku Ultima
Date Deposited: 23 Feb 2024 11:51
Last Modified: 23 Feb 2024 11:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67861

Actions (login required)

View Item View Item