Analisis mekanisme penetapan harga jual pada toko Amalia collection Surabaya menurut prinsip-prinsip ekonomi syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhidayati, Ridha (2023) Analisis mekanisme penetapan harga jual pada toko Amalia collection Surabaya menurut prinsip-prinsip ekonomi syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ridha Nurhidayati_G04219065 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Ridha Nurhidayati_G04219065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menurut teori ekonomi, bisnis adalah entitas yang bergerak dalam penjualan barang atau jasa kepada konsumen untuk menghasilkan keuntungan dan meningkatkan kesejahteraan pemiliknya. Aktivitas jual-beli telah berkembang seiring dengan perkembangan zaman, baik dalam system online shop yang digunakan untuk jual-beli maupun di pasar, tempat berkumpulnya penjual dan pembeli. Salah satu cara suatu usaha untuk mencapai keuntungan yaitu penerapan analisis penetapan harga jual produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana sistem penetapan harga jual dan sistem mekanisme penetapan harga jual ditinjau dari prinsip-prinsip Ekonomi Syariah di toko Amalia Collection Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif ini digunakan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan deskripsi berupa kata-kata tertulis maupun lisan dengan memperoleh data-data tersebut melalui observasi dan wawancara. Metode pengumpulan data peneliti berupa observasi dan wawancara terhadap pemilik toko Amalia Collection yang menghasilkan data primer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa toko Amalia Collection Surabaya menetapkan harga jual produknya menggunakan Metode Berbasis Biaya (Cost Based Pricing) yaitu biaya penuh plus tambahan tertentu (full cost plus mark-up), dengan memperkirakan seluruh biaya yang dikeluarkan sejak bahan baku mulai diproses sampai produk jadi dan siap untuk dipasarkan. Penetapan harga jual toko Amalia Collection tidak sesuai prinsip-prinsip ekonomi syariah karena terdapat pembulatan harga oleh kasir toko. Peneliti memberikan saran kepada pemilik toko Amalia Collection apabila pembulatan harga terjadi, maka harus saling terbuka dalam memberikan harga dan sebaiknya jika tidak ada pembulatan harga dapat menyediakan metode pembayaran yang lebih memadai karena hal tersebut merupakan salah satu cara yang dapat mempengaruhi pembeli atau pelanggan berfikir bahwa harga yang ditawarkan sangat nanggung atau lebih mahal dari harga label. Dalam kasus ini dapat dijadikan pertimbangan bagi pelaku bisnis atau pelaku usaha yang sering melakukan pembulatan harga bahwa hal itu dapat meminimalisir kerugian antar kedua pelaku bisnis dan usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhidayati, Ridharidhanhnd2901@gmail.comG04219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Keywords: Ekonomi syariah; jual beli; penetapan harga
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridha Nurhidayati
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:55
Last Modified: 26 Jan 2024 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67885

Actions (login required)

View Item View Item