الأفعال الكلامية التوجيهية في الرواية بنات الرياض لرجاء عبد الله الصانع

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Lufiyah Nurul (2024) الأفعال الكلامية التوجيهية في الرواية بنات الرياض لرجاء عبد الله الصانع. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lufiyah Nurul Hidayah_A91219093 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lufiyah Nurul Hidayah_A91219093 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindak tutur direktif dalam novel "Banat ar Riyadh" karya Raja Abdullah as Sanea menggunakan kajian Pragmatik. Novel Banat Ar-Riyadh merupakan novel tahun 2005 dari Lebanon karya Raja Abdullah As-Sanea. Novel ini menceritakan tentang kisah cinta gadis Riyadh yang merasa dibatasi dan terbelenggu oleh latar belakang sosial, kultur budaya serta adat istiadat yang dominan terlihat tidak mampu melindungi, memperdulikan perasaan, pikiran dan hati para perempuan Riyadh. Dalam novel ini terdapat percakapan atau tuturan yang dilakukan para tokoh sehingga memunculkan suatu komunikasi. Tuturan tersebut dapat menyampaikan maksud penutur yang mengandung makna. Fokus permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk tindak tutur direktif dalam novel Banat Ar-Riyadh?, (2) bagaimana fungsi tindak tutur drektif dalam novel Banat Ar-Riyadh?. Adapun tujuan dilakukan penelitian pada masalah yang diangkat guna mengetahui bagaimana bentuk dan fungsi tindak tutur direktif dalam novel Banat Ar-Riyadh karya Raja Abdullah As Sanea. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan menganalisis bentuk serta fungsi dari tindak tutur direktif yang terdapat dalam novel Banat ar Riyadh karya Raja Abdullah as Sanea. Hasil penelitian menunjukkan terdapat enam bentuk tindak tutur direktif, yaitu bentuk perintah, permintaan, nasihat, ajakan, larangan, dan pertanyaan bentuk nasihat, bentuk ajakan, bentuk larangan, dan bentuk pertanyaan. Novel Banat Ar-Riyadh memiliki fungsi bervariasi. Bentuk tindak tutur direktif perintah memiliki fungsi memerintah dan menyuruh, Bentuk tindak tutur direktif permintaan mempunyai fungsi meminta dan memohon, Bentuk tindak tutur direktif ajakan memiliki fungsi mengajak, Bentuk tindak tutur direktif nasihat mempunyai fungsi menasehati dan menyarankan, Bentuk tindak tutur direktif larangan memiliki fungsi melarang, Bentuk tindak tutur direktif pertanyaan mempunyai fungsi bertanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Lufiyah NurulFhifiyah@gmail.comA91219093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAditoni, Agusagaditoni@yahoo.com2002106201
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Subjects: Sastra
Linguistik
Keywords: Pragmatik; Tindak tutur direktif; Novel Banat Ar-Riyadh.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Lufiyah Nurul Hidayah
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:39
Last Modified: 26 Jan 2024 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67906

Actions (login required)

View Item View Item