Problematika guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 12 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Armianda, Selvia (2024) Problematika guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 12 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Selvia Armianda_D91219150 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Selvia Armianda_D91219150 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka, sebuah inovasi dalam pendidikan yang ditujukan untuk mengatasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) dan kesenjangan pembelajaran (learning gap) yang kemudian diperparah dengan adanya masa Covid-19. Meskipun diimplementasikan di beberapa lembaga pendidikan, beberapa problematika dan tantangan muncul terutama dalam pengenalan dan implementasi kurikulum baru, termasuk di UPT SMP Negeri 12 Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka, problematika guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka, dan solusi untuk menghadapi problematika guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 12 Gresik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deksriptif field research dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) implementasi kurikulum merdeka memiliki empat tahapan, yaitu persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, (2) problematika guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka, diantaranya, mengampu pembelajaran projek yang tidak sesuai dengan kompetensi guru PAI, perbedaan karakteristik peserta didik, keterbatasan kemampuan IT, dan ketersediaan sarana prasarana yang kurang memadai; (3) solusi untuk mengatasi problematika yang dihadapi oleh guru PAI diantaranya yaitu, kolaborasi antar guru, pembinaan karakter, sekolah memberikan fasilitas berupa pelatihan IT secara rutin, dan membawa sarana prasarana pribadi sebagai media pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Armianda, Selviaselviaarmianda@gmail.comD91219150
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Problematika; Guru PAI; Kurikulum Merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Selvia Armianda
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:05
Last Modified: 26 Jan 2024 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67907

Actions (login required)

View Item View Item