Pengaruh konseling islam melalui teknik self management dalam menurunkan perilaku prokrastinasi akademik seorang remaja di desa Balonggabus, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Meydini, Faizya (2024) Pengaruh konseling islam melalui teknik self management dalam menurunkan perilaku prokrastinasi akademik seorang remaja di desa Balonggabus, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizya Meydini_04020320024 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Faizya Meydini_04020320024 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Masa remaja diharapkan dapat memaksimalkan kapasitas pembelajaran akademisnya, yakni dengan keteraturan dalam melaksanakan tugas sekolah, fokus dalam menyelesaikan pekerjaan, serta kedisiplinan didalam memanfaatkan waktu. Namun remaja juga seringkali melakukan penundaan menyelesaikan tugas atau prokrastinasi akademik yang menjadi problematika. Sehingga penelitian ini ditujukan untuk mengetahui adakah pengaruh dari konseling islam melalui teknik self management dalam menurunkan perilaku prokrastinasi akademik pada seorang remaja di Desa Balonggabus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan model penelitian Single Subject Research (SSR) yang berpusat pada perubahan cara berperilaku satu subjek (konseli). Desain yang digunakan yaitu A-B-A, dengan sesi 3 kali pada tahap Baseline 1, di tahap Intervensi 5 kali dan 3 kali sesi di tahap Baseline 2. Dalam pengukurannya peneliti menggunakan form deteksi perilaku prokrastinasi akademik. Dan hasil yang didapatkan menunjukkan terjadinya perubahan level yang cukup besar pada tahap Baseline 1, tahap intervensi, dan tahap Baseline 2, yakni dengan perolehan pada tahap Baseline 1 (A1) selisih 4 skor, tahap intervensi (B) selisih 14 skor, dan tahap Baseline 2 (A2) selisih 8 skor. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling islam melalui teknik self management berdampak pada menurunnya perilaku prokrastinasi akademik seorang remaja dalam kategori tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Meydini, Faizyafaizyameydini@gmail.com04020320024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, Arif Ainurarifainurrofiq@uinsby.ac.id2008087706
Subjects: Bimbingan Konseling
Remaja
Keywords: Konseling Islam; Teknik Self Management; Prokrastinasi Akademik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Faizya Meydini
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:34
Last Modified: 29 Jan 2024 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67916

Actions (login required)

View Item View Item