Peran generasi sandwich dalam memenuhi kebutuhan keluarganya di kota Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prameswari, Nova Indah (2023) Peran generasi sandwich dalam memenuhi kebutuhan keluarganya di kota Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nova Indah Prameswari_10020320060 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nova Indah Prameswari_10020320060 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Generasi sandwich adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan generasi yang terjebak di antara tuntutan orang tua yang lebih tua dan anak yang lebih muda. berperan sebagai tulang punggung keluarga yang harus mampu menanggung biaya hidup beberapa anggota keluarga. Beban ganda mereka dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga kemungkinan besar juga akan mempengaruhi pola pikir mereka. Dalam konteks ini, pembalikan peran merupakan fenomena dimana anggota keluarga harus meninggalkan peran tradisionalnya untuk memenuhi tanggung jawab baru. Pada generasi sandwich, terjadi perubahan fungsi sosial individu akibat berbagai tanggung jawab yang harus dipenuhi bersamaan dengan tuntutan pemenuhan berbagai kebutuhan fisik, emosional, dan finansial tanggungan. Untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang akan dikaji maka dalam penelitian ini menggunakan Teori Tindakan Sosial Max Weber. Dalam pandangan teori Tindakan Sosial, tindakan sosial merupakan tindakan individu yang memiliki makna bagi dirinya sendiri serta ditujukan kepada orang lain. Dengan adanya pergantian peran dalam keluarga hal tersebut bisa di artikan bahwa kepala keluarga sebagai pemenuh kebutuhan ekonomi dalam rumah tangga tetapi tidak mampu menjalankan perannya lagi, maka perannya tersebut dialihkan kepada generasi selanjutnya yang dianggap sudah mampu dalam menjadi pemenuh kebutuhan ekonomi dalam keluarganya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang diteliti adalah Generasi Z atau pekerja yang masih berusia muda. Dengan Teknik Observasi, Wawancara, Dokumentasi diharapkan mampu memberikan informasi yang lengkap dan kompleks antar informan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prameswari, Nova Indahnovaindahppp@gmail.com10020320060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamaltaufiq70@gmail.com--
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Keluarga
Karier
Keywords: Generasi Sandwich; Pergantian Peran; Tindakan Sosial Max Weber
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Unnamed user with email novaindahppp@gmail.com
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:16
Last Modified: 02 Feb 2024 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67918

Actions (login required)

View Item View Item