Keuntungan elektoral incumbent dalam pemilihan Kepala Desa: studi kasus Desa Bulutengger Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Diannita Septy (2023) Keuntungan elektoral incumbent dalam pemilihan Kepala Desa: studi kasus Desa Bulutengger Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diannita Septy Anggraeni_10040120077 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Diannita Septy Anggraeni_10040120077 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor sumber daya dan faktor kinerja dalam menopang kemenangan incumbent dan untuk mengetahui pergeseran meningkatnya kedudukan incumbent yang digunakan selama tiga periode dengan pemilihan kepala desa di Desa Bulutengger Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan adalaah kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Landasan teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian adalah teori yang dikemukakan oleh Jonathan Katz dan Gary Cox mengenai faktor sumber daya dan faktor kinerja sebagai penyebab meningkatnya kedudukan incumbent. Faktor sumber daya berasal dari hubungan personal melalui sumber daya ekonomi, jaringan sosial, jaringan keagamaan, dan politik patronase. Sedangkan kinerja berasal dari pengalaman selama memimpin desa sehingga incumbent dinilai kompeten dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Berdasarkan data di lapangan, terdapat dua penyebab meningkatnya kedudukan incumbent dikarenakan dua hal, yaitu faktor sumber daya yang kuat dan kinerja yang baik. Terdapat pergeseran pada faktor sumber daya dan faktor kinerja di setiap periodenya, mulai dari pemanfaatan sumber daya dan perbedaan pencapaian kinerja dalam tiap periodenya. Hal tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan dari masyarakat. Kehadiran incumbent sebagai pemimpin sempat terusik oleh kandidat penantang sehingga beredar fitnah maupun berita hoax yang ditujukan kepala kepala desa incumbent menjelang kontestasi pada periode ketiga, namun hal tersebut tidak memberikan pengaruh besar atas perolehan suara karena kepala desa incumbent menang mutlak pada pemilihan kepala desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Diannita Septydyahnita09@gmail.com10040120077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Noornoor.rohman@uinsby.ac.id2019108501
Subjects: Politik
Keywords: Kepala Desa Incumbent; Sumber Daya; Kinerja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Diannita Septy Anggraeni
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:49
Last Modified: 30 Jan 2024 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67926

Actions (login required)

View Item View Item