Simbol dan makna makam Raden Ayu Putri Ontjat Tondo Wurung bagi muslim kejawen: studi kasus masyarakat Desa Terungwetan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhriyya, Fatimatuz (2023) Simbol dan makna makam Raden Ayu Putri Ontjat Tondo Wurung bagi muslim kejawen: studi kasus masyarakat Desa Terungwetan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimatuz Zuhriyya_10020320043 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fatimatuz Zuhriyya_10020320043 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Kepercayaan local dengan system ajaran, tradisi, pengikut merupakan sesuatu yang hidup dalam masyarakat hingga kini, khusunya kepercayaan local yang ada di Indonesia. Salah satu bentuk kearifan local adalah ziarah kubur ke makam leluhur seperti dalam penelitian ini yaitu makam Raden Ayu Putri Ontjat Tondo Wurung yang dimana makam ini sampai sekarang masih dilestarikan dan dijaga oleh masyarakat desa Terungwetan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana makna – makna symbol dalam Makam Raden Ayu Putri Ontjat Tondo Wurung dan pandangan masyarakat muslim kejawen terhadap Makam Raden Ayu Putri Ontjat Tondo Wurung. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan Teori Interaksionisme Simbolik Herbert Blumer. Lokasi penelitian berada di Desa Terungwetan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo tepatnya di Makam Raden Ayu Putri Ontjat Tondo Wurung. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan. Berdasar data di lapangan, peneliti menemukan makna – makna symbol yang berbeda – beda dan memiliki keterkaitan di Makam Raden Ayu Putri Ontjat Tondo Wurung serta pandangan masyarakat muslim kejawen terhadap Makam Raden Ayu Putri Ontjat Tondo Wurung ada 3 yaitu sebagai leluhur desa, tawassul untuk memenuhi hajat / keinginan dan tirakat diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhriyya, Fatimatuzfatimazuhriyya02@gmail.com10020320043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsa.ac.id2022127201
Subjects: Budaya Islam
Kebudayaan Jawa
Ziarah Kubur
Adat
Keywords: Makam Raden Ayu Putri Ontjat Tondo Wurung; Simbol; Masyarakat Muslim Kejawen
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: fatima zuhriyya
Date Deposited: 03 Feb 2024 22:40
Last Modified: 03 Feb 2024 22:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67939

Actions (login required)

View Item View Item