Penerapan program literasi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di MIN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelia, Syifa'ul (2023) Penerapan program literasi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syifa'ul Amelia_06010720018.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Syifa'ul Amelia_06010720018_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena berdasarkan hasil observasi peneliti menemukan bahwa kemampuan membaca siswa yang ada pada instansi pendidikan MIN 1 Gresik, diketahui masih belum memenuhi indikator kemampuan membaca siswa pada umunya, kasus ini banyak disoroti dari kalangan kelas bawah. Hal ini menjadi salah satu tugas bagi madrasah untuk mengatasi hal tersebut, salah satu solusi yang diterapkan madrasah adalah dengan menyelenggarakan program literasi guna meningkatkan kemampuan membaca siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan program literasi mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa di MIN 1 Gresik. 2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan membaca siswa setelah diterapkan program literasi di MIN 1 Gresik. Peneliti merasa tertarik dengan kasus ini dan ingin meneliti secara mendalam kasus yang terjadi di MIN 1 Gresik. Peneliti ingin memberikan pemahaman secara mendalam terhadap penelitian ini melalui deskripsi narasi berdasarkan studi kasus hasil penelitian dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, nantinya data akan dianalisis melalui teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan teori miles dan huberman dengan subjek siswa yang mengikuti program literasi di MIN 1 gresik. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa : 1) Penerapan program literasi di MIN 1 Gresik yang terdiri dari tahapan pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran yang terlaksana dengan baik oleh guru kelas dan guru literasi 2) siswa setelah diberikan perlakuan berupa penerapan program literasi mengalami peningkatan dalam kemampuan membaca contoh dikelas 1A dari 5 siswa ada 1 siswa yang sudah lolos program lebih cepat bernama Abinaya, adapun program ini memiliki strategi yang cukup baik dilaksanakan oleh pihak madrasah terutama Kepala Madrasah, Guru Kelas dan Guru Literasi, kolaborasi antar pihak dan juga komunikasi dengan wali murid menjadi dasar pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelia, Syifa'ulsyifaulamelia76@gmail.com06010720018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa@uinsby.ac.id2022077302
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenijuhaeni@uinsby.ac.id2030078604
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Program literasi; kemampuan membaca siswa; MIN 1 Gresik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syifa'ul Amelia
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:11
Last Modified: 02 Feb 2024 09:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67951

Actions (login required)

View Item View Item