Pengaruh model pembelajaran circ (cooperative integrated reading and composition) terhadap kemampuan menulis cerita di kelas V MIN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Salamiyah Aini (2024) Pengaruh model pembelajaran circ (cooperative integrated reading and composition) terhadap kemampuan menulis cerita di kelas V MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salamiyah Aini Putri_06040720090.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Salamiyah Aini Putri_06040720090_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada banyaknya masalah yang ditemukan khususnya dalam hal menulis. Dimana peserta siswa kurang menguasai kosa kata, tanda baca, ejaan, dan struktur kalimat yang benar untuk membentuk paragraf sehingga menjadi penghambat keberhasilan dalam menulis. Akibatnya siswa terus-menerus mengulangi kata yang sama dalam sebuah paragraf dan kesulitan menemukan kata yang tepat. Hal itu disebabkan karena guru hanya memberikan metode ceramah saja tanpa adanya bantuan media juga model yang tepat. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis cerita di kelas V MIN 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Responden berjumlah 48 siswa, di mana 24 siswa dari kelas V-B menjadi kelompok eksperimen, sementara 24 siswa dari kelas V-C menjadi kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test berupa soal uraian dengan fokus pada tingkat kompetensi kognitif. Analisis data mencakup uji normalitas, homogenitas, dan uji-t statistik. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) memiliki dampak positif terhadap kemampuan menulis cerita siswa di Kelas V MIN 1 Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menerapkan model pembelajaran CIRC, nilai rata-rata pre-test di kelas eksperimen adalah 76.63. Sedangkan setelah penerapan model pembelajaran CIRC dengan tes post-test, nilai rata-rata meningkat menjadi 90.25. Di kelas kontrol, telah diperoleh nilai pre-test dengan rata-rata sebanyak 82.38, dan nilai post-test yang rata-ratanya menjadi 85.21. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa dalam proses pembelajaran di kelas, dan perkembangan nilai siswa menunjukkan peningkatan setelah diberikan perlakuan model pembelajaran CIRC.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Salamiyah Ainisalamiyahainiputri@gmail.com06040720090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.id2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenijuhaeni@uinsby.ac.id2030078604
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Model pembelajaran CIRC (cooperative integrated reading and composition); kemampuan menulis; cerita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salamiyah Aini Putri
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:47
Last Modified: 05 Feb 2024 05:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67952

Actions (login required)

View Item View Item