Analisis efektivitas dan efisiensi pajak daerah dan retribusi daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada pemerintahan Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Libtarini, Vivin Isfiyah (2024) Analisis efektivitas dan efisiensi pajak daerah dan retribusi daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada pemerintahan Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivin Isfiyah Libtarini_08040220140.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Vivin Isfiyah Libtarini_08040220140 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (6MB)

Abstract

Kinerja efektivitas dan efisiensi pajak daerah serta retribusi daerah menjadi faktor kunci dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Efektivitas mencerminkan pemungutan yang optimal, sementara efisiensi melibatkan pengelolaan yang hemat biaya. Dua aspek ini berperan besar dalam keberlanjutan keuangan daerah dan kemampuan pemerintah untuk menyediakan layanan publik yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran dan kinerja keuangan pajak daerah dan retribusi daerah dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gresik, dengan analisis efektivitas dan efisiensi pengelolaannya yakni dalam tahun 2018 – 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dengan menghimpun data dari beberapa sumber, seperti dokumen pendapatan daerah pemerintah Kabupaten, peraturan daerah, observasi dan wawancara dengan pihak terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam rentang waktu 2018-2022, pemungutan pajak daerah sangat efektif, dan sangat efisien. Hal ini disebabkan oleh inovasi dalam sistem pajak daerah dan pemanfaatan teknologi informasi. Sementara itu pemungutan retribusi daerah untuk efektivitasnya sudah efektif, namun efisiensinya kurang. Beberapa faktornya yakni dari biaya pemungutan yang tinggi, manajemen pengawas, dan tingkat kepatuhan masyarakat yang perlu ditingkatkan. Rekomendasi yang dapat diberikan penelitian ini adalah terkait dengan urgensi atas restrukturisasi pajak daerah dalam rangka penerapan UU HKPD. Maka, BPPKAD Kabupaten Gresik perlu mempertimbangkan tarif yang tepat untuk menjaga efektivitas dan efisiensi dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya dengan biaya minimal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai peran dan kinerja pajak daerah serta retribusi daerah dalam mendukung pendapatan asli daerah (PAD) pada Kabupaten Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Libtarini, Vivin Isfiyahvivinisfiyah@gmail.com08040220140
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustinhastanti.rahayu@uinsby.ac.id2008088302
Subjects: Akuntansi
Pajak bumi dan bangunan
Retribusi Daerah
Keywords: Efektivitas; pajak daerah; Pendapatan Asli Daerah (PAD); retribusi daerah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Vivin Libtarini
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:05
Last Modified: 30 Jan 2024 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67957

Actions (login required)

View Item View Item