Upaya guru dalam mengembangkan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melaui gerak dasar lokomotor di TK Melati Lumbang Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayunda, Reza Candra (2023) Upaya guru dalam mengembangkan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melaui gerak dasar lokomotor di TK Melati Lumbang Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reza Candra ayunda_D99218067 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Reza Candra ayunda_D99218067.pdf

Download (32MB)

Abstract

Banyak orang tua serta guru cenderung lebih mementingkan kecerdasan anak dalam aspek kognitif seperti pandai dalam membaca, menulis serta berhitung saja tanpa memikirkan anak mampu melakukan keterampilan fisik motorik secara luwes. Pentingnya upaya guru dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini melalui gerak dasar lokomor yang bisa diterapkan guru dalam menstimulasi motorik kasar anak hingga dapat menuntun anak dalam mencapai perkembangan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan bagaimana kegiatan motorik kasar anak usia 4-5 tahun khususnya dalam kelincahan, kekuatan dan koordinasi di TK Melati. Mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam mengembangkan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Melati melalui gerak dasar lokomotor. Mendeskripsikan apa saja hambatan yang ada saat melaksanakan kegiatan motorik kasar pada TK Melati. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif serta menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul proses selanjutnya adalah proses analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kegiatan motorik kasar yang dilakukan di TK Melati adalah senam bersama, selain itu guru juga kerap melakukan kegiatan motorik melalui gerak dasar seperti berleri, berjalan, melompat, meloncat dan lain sebagainnya. upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan motorik kasar anak yaitu dengan menyediakan bahan atau media belajar yang menarik, mengembangkan keterampilan motorik kasar dengan berbagai macam mainan tradisional dan permainan kreatif lainnya, merangsang kemampuan motorik anak sesuai dengan kemampuan, memberikan arahan serta cara bermain supaya anak dapat bekerjasama dengan teman saat aktivitas fisik berlangsung, melakukan kegiatan pemanasan saat melakukan kegiatan motorik kasar, guru memberikan contoh atau mendemonstrasikan gerakan lokomotor yang anak dilakukan, melakukan gerakan pendinginan untuk mengembalikan suhu seperti semula, serta melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan. Hambatan yang biasa dialami guru yaitu mengatur kondisi agar tetap kondusif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayunda, Reza Candraayundakirana199@gmail.comD99218067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Guru
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Upaya guru; motorik kasar; gerak lokomotor
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: reza candra ayunda
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:00
Last Modified: 26 Feb 2024 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67959

Actions (login required)

View Item View Item