Peran guru dalam penanaman karakter Islami pada anak usia dini di KB-RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismawardani, Elma Dwi (2024) Peran guru dalam penanaman karakter Islami pada anak usia dini di KB-RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elma Dwi Ismawardani_D99219041 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Elma Dwi Ismawardani_D99219041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis karena terdapat beberapa permasalahan karakter anak yang kurang Islami dan belum sesuai dengan visi misi yang ingin dicapai oleh KB-RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo yang bersumber karena tingginya tingkat kesibukan para orang tua dari peserta didik. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana profile yang sudah dibangun oleh KB-RA Darun Najah dan juga untuk mengetahui apasaja peran yang diambil oleh para dewan guru dalam upaya penanaman karakter Islami di KB-RA Darun Najah. Penelitian ini menggunakan metode kualiatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah profile karakter Islami yang sudah dibangun oleh KB-RA Darun Najah menempati kategori yang cukup baik. Banyak karakter-karakter Islami yang mulai tercermin dalam perilaku setiap peserta didiknya. Selain itu, dalam hasil penelitian ditemukan juga fakta bahwa guru mengambil peran sangat penting dalam penanaman karakter Islami kepada para peserta didik. KB-RA Darun Najah memanfaatkan berbagai pembiasaan sebagai sarana dalam penanaman karakter Islami kepada para peserta didiknya. Pada berbagai pembiasaan ini, para guru dapat mengambil berbagai peran penting seperti contohnya menjadi seorang motivator, inspirator, fasilitator, dan juga evaluator. Peran guru yang sangat penting ini di buktikan dengan adanya visi misi, tata tertib, serta upaya-upaya pembiasaan yang ada di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismawardani, Elma Dwielmaismawardani@gmail.comD99219041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Karakter Islami; peran guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: S.Pd Elma Dwi Ismawardani
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:52
Last Modified: 30 Jan 2024 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67965

Actions (login required)

View Item View Item