Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi indeks pembangunan gender di Kalimantan Timur menggunakan regresipanel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kisworo, Dina Fauziah (2024) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi indeks pembangunan gender di Kalimantan Timur menggunakan regresipanel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Fauziah Kisworo_H02219005.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dina Fauziah Kisworo_H02219005_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu tolak ukur dalam tingkat keberhasilan program pembangunan manusia untuk menuju keadilan dan pemerataan gender yaitu Indeks Pembangunan Gender (IPG). Secara nasional, pencapaian IPG di Indonesia termasuk baik, tetapi masih terdapat 14 provinsi dengan rata- rata IPG rendah salah satunya provinsi Kalimantan Timur menempati tiga terbawah pencapaian IPG rendah di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk membentuk model yang tepat dan mengetahui kebaikan pada model yang telah diteliti serta mengidentifikasikan variabel yang berdampak besar yang berperan pada Indeks Pembangunan Gender perempuan di Kalimantan Timur dari tahun 2017- 2021 dengan menggunakan metode regresi data panel. Pada model regresi data panel terdapat 3 macam estimasi yakni Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM) dan Random Effect Model (REM). Hasil regresi penelitian menunjukkan model regresi yang sesuai untuk indeks pembangunan gender di Kalimantan Timur yaitu model REM (Random Effect Model) dengan nilai kebaikan model sebesar 0,9745 yang artinya variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 97%. Variabel yang berdampak besar terhadap indeks pembangunan gender di Kalimantan Timur pada tahun 2017 sampai 2021 yaitu angka harapan hidup perempuan, angka melek huruf perempuan, harapan lama sekolah perempuan, persentase perempuan yang bekerja secara formal, keterlibatan perempuan dalam parlemen, dan pengeluaran per kapita perempuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kisworo, Dina Fauziahdinafauziah35@gmail.comH02219005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Thesis advisorKhaulasari, Hanihani.khaulasari@uinsby.ac.id0709029102
Subjects: Matematika
Statistik
Keywords: Ketimpangan gender; indeks pembangunan gender; Kalimantan Timur; regresi data panel
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Dina Fauziah Kisworo
Date Deposited: 30 Jan 2024 05:54
Last Modified: 02 Feb 2024 09:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68002

Actions (login required)

View Item View Item